Panduan Memelihara Kucing Untuk Pemula

access_time 2 tahun yang lalu

Video, gif, meme dan apapun itu yang berbau kucing lagi sering-seringnya lalu-lalang di media sosial membuat hasrat untuk memelihara hewan yang kebangetan gemes ini semakin memuncak. Tapi sifat kucing tuh macem-macem juga, ada yang nurut-nurut aja ada yang bandelnya kurang ajar apa lagi saat musim kawin. Lalu, bagaimana cara memahami sifat dan merawat hewan yang satu ini? Mungkin cara-cara di bawah ini bisa membantu.

1. Vaksinasi

Nah ini hal paling serius yang harus dilakukan ketika membeli kucing. Agar kucing tetap sehat gak rewel sakit-sakitan mulu dan tiba-tiba mati, vaksinasi adalah langkah pertama yang wajib dilakukan jika ingin membeli atau memelihara kucing. Vaksinasi wajib dilakukan secara rutin untuk menghindari virus dan penyakit. Untuk itu, segera berkonsultasilah dengan dokter hewan.

2. Siapkan Kebutuhan Pokok

Sediakan kotak pasir sebagai tempat buang air bagi kucing dibersihkan setiap hari agar baunya nggak kemana-mana, tapi ada juga pasir wangi untuk kotoran kucing. Oiya, kucing juga membutuhkan privasi saat buang air. Siapkan juga makanan dan air yang secukupnya, karena jika makanannya kebanyakan biasanya dimuntahin lagi sama kucingnya.

3. Rawat Kebersihan Kucing

Merawat kebersihan tubuhnya. rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Spot-spot ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing. Namun, bisa saja menggunakan jasa untuk memandikan kucing kesayangan. Memandikannya bisa 1 minggu atau 2 minggu sekali.

4. Ajak Bermain

Hanya karena kucing gemar untuk tidur bukan berarti mereka tidak membutuhkan stimulasi mental yang didapat dengan mencium bau tikus, menguntit, dan menangkapnya. Banyak masalah tingkah laku seperti mengotori rumah, mencakari sesuatu, atau agresi terhadap hewan peliharaan lain disebabkan oleh kebosanan dan rasa frustasi.

Nah, semoga dengan panduan ini bisa memeliahara dan menyiapkan kebutuhan sikucing, good luck!

 

close

Panduan Memelihara Kucing Untuk Pemula

Search
close