Panduan Kembali WFO Buat Introvert

Panduan Kembali WFO Buat Introvert
access_time 2 minggu yang lalu

Panduan buat introvert untuk transisi dari WFH ke WFO

Nggak berlebihan rasanya jika pandemi disebut-sebut menyimpan keuntungan tersendiri buat kaum introvert.

Setidaknya selama setahun terakhir, kaum yang cenderung lebih suka menyendiri nggak perlu keluar rumah, termasuk untuk urusan kerjaan.

Namun seiring dengan bergulirnya upaya vaksinasi yang digencarkan pemerintah, rencana WFO (Work From Office) pun mencuat. Alhasil introvert pun harus siap-siap menyesuaikan diri lagi dengan situasi kantor.

Berikut beberapa hal yang bisa lo persiapkan untuk kembali ngantor!


  • Persiapkan mental

Menurut ahli, kembali ngantor setelah lama WFH bisa terasa seperti culture shock.

Karena itu, penting buat para introvert untuk mempersiapkan mental. Misalnya dengan mencari tahu sebanyak mungkin detail yang dibutuhkan.

Lisa Baranik, asisten profesor manajemen di University at Albany, New York, AS merekomendasikan untuk mengunjungi kantor sebelum memulai WFO. Tujuannya untuk mengenal kembali kondisi tempat kerja kita, termasuk ketika ada meja atau kantin baru di kantor.

Lo juga bisa mempersiapkan diri dengan menyiapkan baju yang ingin dipakai hingga mempersiapkan aktivitas dinjam istirahat untuk mempermudah transisi.

Woosah GIFs - Get the best GIF on GIPHY

  • Komunikasikan kebutuhan

Nggak bisa dimungkiri, budaya kerja dari rumah yang muncul akibat pandemi bikin banyak orang sadar bahwa kerja secara remote nggak mengurangi produktivitas.

Karena itu, lo bisa coba komunikasikan skema kerja kantor & rumah yang lebih fleksibel.

Dengan demikian, lo bisa menghadapi transisi kerja yang lebih mulus, mengurangi kemungkinan burnout dan bahkan menjaga produktivitas lo.

I Really Need To Talk To You Right Now GIFs - Get the best GIF on GIPHY

  • Take break(s)

Ketika di kantor, pastiin lo nyisihin waktu untuk reenergize dengan stretching, take a walk, meditasi atau menikmati jam makan siang sebagai me time.

Jadiin ini kebiasaan jika lo sering ngerasa overwhelmed dengan situasi kantor yang penuh rekan kerja.

Jika ketemu orang banyak bikin lo merasa lelah, pastiin lo nyedian waktu break untuk lo habiskan sendiri.

I Need A Break GIFs - Get the best GIF on GIPHY

  • Set boundaries

Ketika bertemu lagi dengan rekan-rekan kantor, lo mungkin bakal dihadapkan dengan sejumlah ajakan untuk ngumpul bareng; dari happy hours, catch ups bareng temen-temen, atau bahkan sekadar nongkrong bareng di coffeeshop.

Nongkrong bareng-temen-temen emang nggak masalah. Tapi ada baiknya juga jika lo bisa pay attention dengan social battery lo dan fokus pada transisi dari WFH ke WFO.

Set boundaries untuk diri lo sendiri. Don’t try to do everything at once.

YARN | - Oh, my personal space. - I'll be right back. | Just Friends (2005)  | Video gifs by quotes | 196f70bb | 紗

  • Bikin suasana kantor berasa di rumah

Coba bayangin tentang hal-hal yang bikin lo nyaman selama di rumah, dan gimana lo bisa menghadirkan hal yang selama selama di kantor.

Kalo lo nyaman dengan sofa di rumah, mungkin lo bisa beli extra cushion baru untuk bikin kursi kantor tambah nyaman. Kalo lo suka dengan makanan home made yang lebih sehat, rencanakan meal plan buat di kantor.

Kerja di kantor emang bisa bikin stress, so you might as well make yourself at home.

Make Yourself At Home Everyone Here Is Friendly Feel At Home GIF - Make  Yourself At Home Everyone Here Is Friendly Make Yourself At Home Feel At  Home - Descubre & Comparte GIFs

close

Panduan Kembali WFO Buat Introvert

Search
close