Pandemi Corona Udah Diprediksi Bill Gates 5 Tahun Lalu

access_time 1 tahun yang lalu

“Kita tidak siap”

Penyebaran virus Corona dan kepanikan yang ditimbulkannya ternyata udah diprediksi sejak hampir lima tahun lalu.

Hal ini Bill Gates utarakan dalam gelaran TED talk tahun 2015 lalu. Pada kesempatan itu, Gates menjelaskan bahwa kita harus lebih waspada terhadap virus ketimbang perang nuklir di masa modern.

Jika ada sesuatu yang dapat membunuh 10 juta orang dalam satu beberapa dekade, kemungkinan besar merupakan virus dengan infeksi tinggi, ketimbang perang,” tutur Bill Gates.

Di kesempatan itu, Bill Gates menyoroti ketidaksiapan pemerintah dunia terhadap pandemik yang mungkin terjadi di masa mendatang. Menurutnya, tidak banyak pemerintah yang berinvestasi pada sistem untuk menghentikan epidemik.

Ketiadaan sistem untuk menangani penyebaran virus juga menjadi alasan kenapa Ebola yang muncul saat itu bisa menyebar dengan begitu cepat.

Tentunya Bill Gates bukan orang pertama yang mengemukakan hal ini. Ketakutan yang sama juga diungkapkan sejumlah ilmuwan, epidemiologis dan sejumlah ahli medis lainnya. Tapi Bill Gates jadi sosok paling lantang yang menyuarakan hal ini.

Image result for bill gates netflix
source: Netflix

Selain itu, Bill Gates juga sempet mengungkapkan kekhawatirannya terhadap kemunculan virus baru lewat serial Netflix, “Inside Bill’s Brain: Decoding Bill Gates.” Di serial tersebut, Bill Gates mengungkapkan;

Ada sebuah pasar basah di Lianghua, Cina. Berbeda dengan pasar-pasar di Barat, dimana hewan yang dijual sudah mati ketika diperjualbelikan, pasar basah ini menjual daging yang masih sangat segar.

Hewan-hewan tersebut dibunuh di tempat. Hal itu yang menjadikan lokasi tersebut menjadi sumber penyakit baru. Banyak spesies hewan ditumpuk di atas satu sama alin, dimana darah dan dagingnya bercampur sebelum diserahkan pada manusia. Ketika itu, virus-virus yang mungkin ada bercampur, bermutasi dan meningkatkan kemungkinan virus tersebut menginfeksi manusia.

Image

close

Pandemi Corona Udah Diprediksi Bill Gates 5 Tahun Lalu

Search
close