Oscar 2021 Resmi Diundur, Submisi Film Diperpanjang

Oscar 2021 Resmi Diundur, Submisi Film Diperpanjang
access_time 1 tahun yang lalu

Gelaran Oscar resmi ditunda selama dua bulan

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences secara resmi mengumumkan penundaan gelaran Oscar 2021 selama dua bulan. Jika sebelumnya gelaran tersebut dijadwalkan pada tanggal 28 Februari 2021, kini gelaran tersebut mundur ke bulan April 2021.

Bukan cuma untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, penundaan ini juga terpaksa dilakukan karena penutupan bioskop di seluruh dunia yang memaksa perilisan film diundur. Dengan demikian deadline submisi juga akan diperpanjang.

Jika biasanya proses uji kelayakan masuk nominasi dilakukan sesuai dengan tanggal kalender dan ditutup pada 31 Desember, kali ini proses tersebut pun diperpanjang hingga 28 Februari 2021.

And The Oscar Goes To GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Selama lebih dari satu abad, film telah memenuhi peran penting untuk memberikan rasa nyaman, menginsirasi dan menghibur kita di masa-masa sulit. Hal tersebut tentunya terjadi tahun ini,” jelas Academy president David Rubin dan CEO Dawn Hudson dalam pernyataan resminya.

“Kami berharap, dengan memperpanjang periode submisi, kami bisa memberikan ruang buat para sineas untuk menyelesaikan dan merilis film-film mereka tanpa harus menerima imbas negatif atas sesuatu yang tidak bisa dikendalikan.”

Gelaran Oscar 2021 diklaim akan jadi momen bersejarah

Dalam pernyataan yang sama, keduanya pun sempat menyoal tentang pembukaan Academy museum yang akan digelar bersamaan dengan gelaran Oscar mendatang.

Gelaran Oscar mendatang dan pembukaan museum terbaru kami akan menandai momen bersejarah dalam dunia sinema, mengumupulkan penggemar film di seluruh dunia untuk bersatu lewat film.”

The Oscar Museum - #IHeartHollywood

Museum Oscar (source: IHeartHollywood)

Bukan kali pertama Oscar ditunda

Penundaan ini menandai kali keempat gelaran penganugerahan film tersebut terjadi.

Penundaan juga pernah terjadi pada tahun 1938, ketika itu ada wabah banjir di Los Angeles, lalu tahun 1968, setelah terjadi pembunuhan Dr. Martin Luther King Jr dan pada 1981 ketika terjadi upaya pembunuhan Presiden Ronald Reagan.

Yes Yes Yes Oscars GIF by The Academy Awards - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

close

Oscar 2021 Resmi Diundur, Submisi Film Diperpanjang

Search
close