close

Olimpiade Tokyo 2020, Terpaksa Ditunda Karena Corona Virus!

By Stanley Joewono
access_time 3 hari yang lalu Comments

Olimpiade 2020 resmi ditunda sampai tahun 2021!

Corona lagi-lagi mengakibatkan sebuah ‘sporting event‘ secara terpaksa harus tertunda, dan sekarang giliran perhelatan akbar yang berlangsun setiap 4 tahun sekali. presiden International Olympic Comittee, Thomas Basch sudah berunding dengan Shinzo Abe (Perdana Mentri Jepang), dan mencapai sebuah persetujuan seperti yang sudah dituliskan diatas.

Olimpiade 2020, akan berubah menjadi Olimpiade 2021 dan dipastikan akan tetap berlangsung di Tokyo. Perdana Mentri Jepang, menjelaskan bahwa keputusan tersebut merupakan keputusan terbaik dan sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

‘100% penundaan ini adalah respon terbaik terhadap apa yang saat ini sedang ‘mengguncang’ dunia.’, begitu tutur Abe. Ditundanya Olimpiade Tokyo 2020, juga berarti ‘acara’ Olympic Torch Relay yang sedianya mulai dilakukan 26 Maret juga ditunda. Pihak terkait akan memberikan informasi terbaru perihal hal tersebut, saat semuanya sudah jelas.

Respon Dunia terhadap penundaan tersebut.

Salah satu pengguna Twitter merespon penundaan tersebut dengan ‘santai’ dan mengunggah logo baru dari Tokyo 2020 seperti di bawah ini;

@OsamuKosaki, mencoret angka kosong dalam ‘gaya coretan tradisional Jepang’ dan menggantinya dengan tulisan 1 dibawahnya.  Selain respon tersebut, ada juga respon dari orang lain yang justru terdengar ‘kecewa’ karena mereka harus menanti lebih lama aksi atlit favorit mereka, ‘Aku sudah sangat menunggu event Olimpiade, dan sekarang aku ingin menangis, tapi aku mengerti kalau ini yang terbaik. Aku kagum kepada setiap atlit yang sudah berlatih keras untuk bisa tampil di event tersebut.’, begitu tuturnya.

Keputusan Bersama

Keputusan penundaan Tokyo 2020 sendiri diumumkan secara langsung lewat akun Twitter @IOCmedia, pada cuitan tersebut tertera tanggal keputusan ‘penundaan’ event tersebut.

‘Kita setuju bahwa penundaan ini adalah jalan terbaik untuk memastikan para atlit berada dalam kondisi terbaik saat mereka ikut berkompetisi, dan juga memastikan keamaan para penonoton.’, begitu tutur Abe kepada awak media setelah selesai melakukan ‘confrence call meeting’ dengan Bach.

Keputusan tersebut juga merupakan sebuah kesepakatan bersama, dan lewat pernyataan bersama pihak penyelenggara Tokyo 2020 dan IOC (International Olympic Comitee) juga menjelaskan bahwa penyebaran wabah yang belum pernah terjadi ini (covid19) begitu tidak terduga dan sudah membuat situasi di dunia memburuk.

FYI, per Senin kemarin, Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku direktur jendral WHO (World Health Organization) menjelaskan bahwa pandemic covid-19 terus meningkat, dan saat ini sudah ada lebih dari 375.000 kasus di seluruh dunia.

Hmph, liat tuh guys! 3750.000 kasus loh, masih anggap enteng? Coba deh mulai dari diri masing-masing, please stay home for the sake of other peoples!

source : BBC.com & TheGuardian.com

close

Olimpiade Tokyo 2020, Terpaksa Ditunda Karena Corona Virus!