Olahraga Tidak Usah Pakai Masker, Begitu Rekomendasi WHO!

Olahraga Tidak Usah Pakai Masker, Begitu Rekomendasi WHO!
access_time 1 tahun yang lalu

‘Pemakaian masker saat berolahraga di ‘new normal’ sering jadi perdebatan.’

Belakangan ini bicara soal pemakaian masker merupakan hal yang seolah menjadi keharusan dalam fase kehidupan new normal.

Bahkan banyak sebagian orang yang memilih untuk berolahraga dengan menggunakan masker atas alasan takut terkena droplets dan terpapar virus corona.

'Pemakaian masker saat berolahraga di 'new normal' sering jadi perdebatan.'
via Titak ID

Penggunaan masker saat berolahraga ini kerap kali menjadi perdebatan antara mereka yang menggunakan masker dengan mereka yang memutuskan untuk tidak memakainya.

WHO keluarkan rekomendasi khusus soal pemakaian masker saat berolahraga

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja mengeluarkan rekomendasi agar mereka yang berolahraga tidak perlu lagi mengenakan masker.

Memakai masker saat berolahraga akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat para pemakainya justru kesulitan untuk bernapas.

WHO keluarkan rekomendasi khusus soal pemakaian masker saat berolahraga
via Detik.com

‘Orang seharusnya tidak memakai masker ketika berolahraga karena masker dapat mengurangi kemampuan bernapas dengan nyaman.’ begitu isi pernyataan resmi dari WHO.

Berolahraga memakai masker justru berbahaya

Saat berolahraga pastinya seseorang akan berkeringat dan otomatis hal tersebut membuat masker menjadi cepat basah.

Masker yang basah selain bisa menyebabkan kesulitan bernapas ternyata juga dapat membuat mikroorganisme seperti bakteri dan virus justru berkembang dengan cepat.

Oleh karena itu WHO sendiri melarang penggunaan masker yang basah, dan sebaiknya mengganti masker basah dengan yang baru.

Physical distancing jadi cara terbaik mencegah penyebaran virus corona saat berolahraga

Menurut WHO, dibandingkan dengan pemakaian masker saat berolahraga, cara terbaik dan tepat untuk mencegah penyebaran virus corona ketika sedang berolahraga adalah dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain.

WHO sendiri menghimbau mereka yang berolahraga untuk bisa menjaga jarak fisik setidaknya satu meter dengan orang terdekat. Selain itu WHO juga menghimbau sebaiknya setiap orang memilih olahraga yang bisa dilakukan di rumah.

Jika ‘terpaksa‘ berolahraga di luar ruangan, pastikan juga untuk tidak menyentuh benda-benda asing dan wajah selain menjalankan protokol physical distancing.

Buat lo yang masih bingung kenapa saat berolahraga sebaiknya tidak menggunakan masker, tonton video ini

Jadi buat yang memutuskan buat berolahraga, jangan lupa untuk selalu menerapkan physical distancing yah! Sebaiknya jangan ke tempat-tempat ramai 🙂

Stay Safe!

 

close

Olahraga Tidak Usah Pakai Masker, Begitu Rekomendasi WHO!

Search
close