close

Olahraga Tapi Sedang Puasa, Lakukan Cara Ini!

By Billy Dewanda
access_time 4 bulan yang lalu Comments

Saat bulan puasa bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan. Bahkan sebagian besar orang malas untuk berolahraga saat bulan puasa karena takut lelah dan haus.

Padahal, walaupun lo sedang berpuasa, tubuh harus tetap terjaga kebugarannya dengan berolahraga selama bulan Ramadhan ini. Terlebih saat puasa lo tidak makan dan minum, kebugaran tubuh yang tidak terjaga juga bisa bikin lo dehidrasi dan kelelahan.

Nah, biar tetap bisa olahraga walaupun puasa, lo harus ikutin tips di bawah ini:

Waktu Olahraga

MANFAAT OLAHRAGA DI SORE HARI – Channel E Indonesia
via Unsplash

Pertama, lo perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat bulan puasa. Pada umumnya, waktu yang tepat adalah menjelang waktu buka puasa.

Jadi, lo bisa mengganti aktivitas ngabuburit lo dengan berolahraga. Dilakukan dalam durasi 30-45 menit, lakukan olahraga dengan intensitas rendah supaya tubuh tetap bergerak tapi tidak mudah lelah.

Pilihan Olahraga

4 Manfaat Bersepeda 30 Menit Sehari bagi Kesehatan : Okezone Lifestyle
via drpatriciamd

Olahraga yang lo pilih saat berpuasa juga harus tepat. Lakukan olahraga yang memungkinkan seluruh tubuh lo bergerak tanpa perlu mengeluarkan energi berlebih.

Contohnya seperti cardio, sepeda, jalan cepat, jogging santai, zumba, dan yoga mungkin bisa jadi alternatif pilihan olahraga lo di bulan Ramadhan ini.

Asupan Gizi Lengkap

Pedoman Gizi Seimbang Sesuai Usia (Paling Lengkap)
via Dokter Sehat

Selain menggerakan tubuh, penting juga untuk memperhatikan asupan nutrisi pada makanan yang lo konsumsi. Paling tepat adalah makanan dengan gizi lengkap.

Meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, dijamin saat berpuasa tanpa makan dan minum pun lo akan tetap fit selama beraktivitas. Terlebih saat dikonsumsi waktu sahur, seharian tanpa makan dan olahraga menjelang berbuka puasa pun bisa lo lakukan tanpa kelelahan.

Istirahat yang Cukup

Selain Olahraga, Istirahat Juga Termasuk Pola Hidup Sehat
via Halodoc

Untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar selama berpuasa, lo juga tetap perlu istirahat dan tidur. Sekedar merebahkan tubuh lo dengan bersantai di kursi atau kasur, tubuh lo akan bisa berelaksasi dan mempersiapkan tubuh lo untuk aktifitas selanjutnya.

Durasi tidurnya pun juga perlu diperhatikan. Seperti yang kita tahu untuk orang dewasa tidur yang cukup membutuhkan waktu 7-9 jam.

Minum Air Putih

Cegah Gaya Hidup Sedentary, Rajin Minum Air Putih Penting Banget ...
via Matabanua

Ketika ingin membiasakan diri untuk rutin berolahraga saat puasa, sebaiknya juga penuhi tubuh lo dengan asupan air putih sekitar 1,5-2 liter per harinya. Ini juga untuk membantu lo supaya tidak dehidrasi saat berolahraga.

Nah untuk menerapkannya, lo bisa lakukan dengan pola 2-4-2. 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur.

_

Dengan mengikuti tips-tips di atas, lo akan tetap bisa berolahraga meski sedang berpuasa. Supaya tubuh lo lebih bugar sekaligus menambah imunitas tubuh demi menghindari dari penyakit.

close

Olahraga Tapi Sedang Puasa, Lakukan Cara Ini!