Norovirus, Virus ‘Baru’ di China yang Menginfeksi 70 Mahasiswa!

Norovirus, Virus 'Baru' di China yang Menginfeksi 70 Mahasiswa!
access_time 10 bulan yang lalu

Lebih dari 70 mahasiswa menderita diare dan muntah sejak beberapa hari lalu

Norovirus ditemukan pada sebanyak 11 orang dari kejadian diare dan muntah 70 mahasiswa. Mereka dilaporkan merupakan mahasiswa di sebuah universitas Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanxi, China Utara. Sejak Rabu (7 Oktober 2020).

Menanggapi hal tersebut, Departemen pengendalian dan pecegahan penyakit di Taiyuan mengambil sampel 28 kasus dari siswa untuk di tes norovirus pada Rabu dan Sabtu.

Lebih dari 70 mahasiswa menderita diare dan muntah sejak beberapa hari lalu
Norovirus, virus ‘perut’ yang baru saja terjadi di wilayah Utara China dan menginfeksi 70 mahasiswa // via Liputan6

Seperti dilansir dari China.org, Selasa (13 Oktober), sumber universitas menuturkan bahwa sejak pukul 5 sore, sebanyak 22 pasien yang diare dan muntah akibat virus dan faktor lain masih dirawat di rumah sakit.

Universitas sendiri telah melakukan desinfeksi di asrama, ruang kelas, kantin dan area publik lainnya. Selain itu mereka juga memantau gejala untuk semua staf dan siswa. Otoritas pengendalian dan pencegahan lokal juga sedang menyelidiki sumber infeksi.

Bosan dengan gaya hidup yang itu-itu saja? Coba gaya hidup INI

Norovirus, Apa itu?

Seperti dilansir dari CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika), Norovirus adalah virus yang sangat menular. Virus itu menyebabkan muntah dan diare. Orang dari segala usia juga bisa terinfeksi dan tidak luput dari sakit norovirus.

Norovirus juga kadang disebut sebagai flu perut atau penyakit perut. Meski demikian penyakit itu tidak berhubungan dengan flu yang disebabkan oleh virus influenza. Lebih lanjutnya, virus ini bisa menyebabkan radang lambung atau usus (gastroentritis).

Norovirus, Apa itu?
Norovirus bisa memicu Gastroenteritis dan membuat penderita muntah ataupun diare // via HealthDirect Australia

Seorang biasanya mengalami gejala 12 sampai 48 jam setelah terinfeksi. Kebanyakan orang dengan penyakit ini akan membaik dalam satu sampai tiga hari. Para penderita bisa saja merasakan sakit luar biasa, kemudian muntah dan diare berkali-kali dalam sehari.

Hal tersebut kemudian menyebabkan dehidrasi, terutama anak kecil dan orang tua. Pengobatan utama adalah dengan menggantikan cairan tubuh dengan banyak minum.

RamenGvrl berhenti jadi rapper? Temukan alasannya di SINI

Virus yang bisa menjangkit orang berkali-kali

Virus yang menyerang perut ini bisa melepaskan miliaran partikel. Namun, hanya sedikit partikel yang bisa menular pada orang lain. Seseorang bisa saja berkali-kali terjangkit virus ini dalam hidupnya, alasannya karena ada banyak jenis virus ini.

Infeksi satu jenis tidak menjamin terlindung dari jenis lain. Tapi ada kemungkinan untuk mengembangkan kekebalan terhadap virus jenis tertentu. Tidak diketahui pula pastinya berapa lama kekebalan bisa bertahan.

Hal itu mungkin menjelaskan kenapa begitu banyak orang dari segala usia bisa terinfeksi norovirus. Selain itu, gen juga punya peran penting dalam menentukan kerentanan terhadap infeksi virus itu.

Source : Republika.co.id

Masker unik hasil kolaborasi anak negri, penasaran? KLIK DI SINI

Berarti karena menyerang perut, yang perlu diperhatikan yah makananan yang dikonsumsi. Gak usah khawatir berlebihan 🙂

close

Norovirus, Virus ‘Baru’ di China yang Menginfeksi 70 Mahasiswa!

Search
close