Nike “Moon Shoe” Yang Langka Memecahkan Rekor Pelelangan Sepatu

access_time 2 tahun yang lalu

Sepasang sepatu yang langka bernama Nike “Moon Shoes” seccara resmi telah memecahkan rekor dunia untuk sebuah sepatu, terjual sebesar $437.000 USD di sebuah rumah pelalangan asal New York, Sotheby’s. Sepatu ini dibuka dengan harga $80.000 USD, silhouette ini melewati perkiraan pra-penjualan $160.000 USD dan dibeli oleh kolektor Miles Nadal. Pendiri firma investasi telah mengumumkan rencananya untuk memamerkan permata di museum pribadinya, Museum Mobil Berani Mimpi, di Toronto.

Pembelian Nadal adalah salah satu dari 12 pasangan yang pernah dibuat dan saat ini merupakan satu-satunya pasangan yang diketahui ada dalam kondisi tidak terpakai. Menyebut sepatu sneaker sebagai “artefak sejarah sejati dalam sejarah olahraga dan budaya pop,” dirancang oleh co-founder Nike dan pelatih trek Bill Bowerman untuk pelari pada uji coba Olimpiade 1972. Menurut Sotheby, Bowerman menemukan inspirasi untuk pola traksi wafel tunggal dengan menuangkan karet ke cetakan besi wafel istrinya, kemudian menciptakan prototipe pertama kalinya.

“Saya pikir budaya dan pengumpulan sepatu sneaker berada di ambang momen pelarian,” kata Nadal, dengan kepala global eCommerce Sotheby, Noah Wunsch menambahkan, “Kami ingin melihat ke mana penjualan ini membawa kami, tidak hanya dalam penawaran sepatu sneaker di masa depan, tetapi juga di area gaya hidup mewah baru lainnya. ”

Selain dari “Sepatu Bulan,” Nadal juga memperoleh 99 pasangan lainnya pada penjualan pribadi minggu sebelumnya. Pasangan luar biasa dalam pembelian sebelumnya termasuk iterasi 2011 dan 2016 dari Nike Air Mag “Back to the Future,” siluet edisi terbatas dari adidas dan Air Jordan dan koleksi YEEZY Kanye West.

Rekor pelelangan dunia sebelumnya untuk sepatu kets dibuat pada tahun 2017 untuk sepasang sepatu Converse yang ditandatangani yang kabarnya dikenakan oleh legenda bola basket Michael Jordan di final bola basket Olimpiade 1984. Pasangan ini dijual seharga $ 190.373 USD.

close

Nike “Moon Shoe” Yang Langka Memecahkan Rekor Pelelangan Sepatu

Search
close