Ngopi Setiap Hari Kurangi Risiko Paparan Covid-19? Ini Kata Ahli

Ngopi Setiap Hari Kurangi Risiko Paparan Covid-19? Ini Kata Ahli
access_time 5 bulan yang lalu

Ngopi setiap hari kurangi risiko paparan Covid-19 jadi penelitian terbaru yang menambah list manfaat mengkonsumsi minuman berkafein tersebut.

Para peneliti percaya, secangkir kopi setiap hari mampu mengurangi risiko terserang Covid-19. Pasalnya mereka menemukan hubungan kuat dan menyebut mereka yang rutin mengkonsumsi kopi justru memiliki sistem imun yang lebih terjaga.

Ngopi setiap hari kurangi risiko paparan sampai 10 persen

Adapun hasil penelitian tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Nutrients oleh Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern (20 Juni).

Peneliti mengkaji pola makan sehari-hari dari 38.000 individu di Biobank Inggris. Melalui pola makan tersebut mereka menghubungkan dengan intensitas infeksi Covid-19.

Sebagian responden riset itu adalah mereka yang berusia 40 – 70 tahun. Setelah mengamati pola makan para responden, peneliti kemudian mengambil sampel tes Covid-19 setiap individu. 

Peneliti lalu menemukan beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi. Diantaranya teh, daging olahan, kopi, daging merah, ikan omega 3, buah-buahan dan sayuran.

Ngopi Setiap Hari Kurangi Risiko Paparan Covid-19? Ini Kata Ahli
via Pinterest

Dari banyaknya asupan, kopi menduduki peringkat teratas sebagai asupan yang dinilai paling mampu mencegah paparan Covid-19.

“Seseorang yang rutin minum secangkir kopi setiap hari, besar kemungkinan mereka terhindar dari virus ini. Risiko penurunannya pun cukup mengesankan, yaitu 10 persen. Bisa mengurangi gejala dan infeksi virusnya, dibanding mereka yang kurang atau jarang konsumsi kopi,” tutur salah satu perwakilan tim peneliti seperti dilansir Eat This.

Meningkatkan kekebalan imun

Menariknya, beberapa penelitian terdahulu juga menemukan kopi sebagai minuman sehat, bahkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh para peminumnya.

Kopi sendiri disebut sebagai penyumbang utama asupan polifenol dan fenolik. Di mana keduanya mempunyai sifat antioksidan serta anti-inflamasi yang sangat baik untuk mencegah kematian akibat terpapar Covid-19.

Konsumsi kopi juga dikaitkan dengan risiko pneumonia yang lebih rendah pada orang tua.

Ngopi Setiap Hari Kurangi Risiko Paparan Covid-19? Ini Kata Ahli
via Giphy

Lebih lanjutnya, peneliti juga mengungkapkan bawah kopi dikaitkan dengan risiko infeksi Covid-19 yang lebih rendah, sekalipun individu tersebut sudah terpapar sebelumnya.

Hasil tersebut menyimpulkan bahwa kopi cukup efektif dalam mencegah tubuh dari paparan virus. Kendati demikian, para peneliti menghimbau agar mengkonsumsi kopi hitam murni dari biji kopi asli yang segar, tanpa menggunakan tambahan lain.

close

Ngopi Setiap Hari Kurangi Risiko Paparan Covid-19? Ini Kata Ahli

Search
close