Nenek Korban Pemukulan “Asian Hate” Donasikan Uang Hasil Penggalangan Pada Komunitas Asian American

Nenek Korban Pemukulan "Asian Hate" Donasikan Uang Hasil Penggalangan Pada Komunitas Asian American
access_time 6 bulan yang lalu

Nenek korban pemukulan “Asian Hate” yang viral karena aksinya melawan baik sang penyerang kini kembali menjadi topik pembicaraan terhangat.

Pasalnya uang hasil penggalangan dana lewat GoFundMe yang berhasil terkumpul, akan ia sumbangkan kepada komunitas Asian America untuk memerangi rasisme yang sedang terjadi.

Begini kronologi kejadian pemukulan sang nenek

Xiao Zhen Xie sempat menjadi headline pada sebagian besar media setelah aksinya melawan balik pria yang menyerangnya di San Fransisco’s Market Street.

Adapun kejadian pemukulan ini terjadi tepat satu hari setelah kasus penembakan enam wanita asia terjadi di Amerika Serikat.

Meski berhasil melawan balik , kerabat nenek itu menyebutkan kalau Xie juga menderita beberapa luka akibat serangan tersebut. Mulai dari luka pada langannya dan kedua matanya yang memar.

Pihak keluarga kemudian langsung menginisiasikan penggalangan dana lewat GoFundMe. Rencana awalnya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai pengobatan sang nenek.

Nenek korban pemukulan mendapatkan dukungan luar biasa dari masyarakat

Dalam waktu sepekan setelah itu, penggalangan dana lewat GoFundMe berhasil mencapai angka 930.000 USD Dollar atau setara dengan IDR 13 miliar.

Padahal awalnya keluarga hanya menargetkan untuk bisa mencapai 50.000 US Dollar (IDR 722 juta).

Pihak keluarga kemudian juga menyampaikan terima kasih mereka kepada setiap pihak masyarakat yang sudah mendukung dan memberikan donasi untuk membiayai sang nenek.

“Saat kami mengunjungi nenek kemarin dan hari ini, secara keseluruhan baik mental dan fisiknya semakin membaik,” tulis keteranga dari John Chen sang cucu.

Lebih lanjutnya ia menjelaskan kalau lebam pada mata neneknya sudah mulai mereda. Sang nenek juga mulai kembali merasa optimis dan lebih bersemangat.

Uang hasil penggalangan dana akan didonasikan kembali untuk memerangi rasisme

Ia berpesan kita tidak boleh menyerah dengan rasisme dan harus melawannya meski harus mempertaruhkan nyawa. Nenek bahkan berkali-kali menyatakan keinginannya untuk mendonasikan semua uang hasil penggalangan dana kepada komunitas Asian American untuk melawan rasisme,” lanjut sang cucu.

Bahkan Xie juga dikatan bersikeras untuk bisa mewujudkan keingianannya.

Nenek Korban Pemukulan "Asian Hate" Donasikan Uang Hasil Penggalangan Pada Komunitas Asian American

Issue ini lebih dari sekedar dirinya sendiri. Ini adalah keputusan keluarga, kami harap semua bisa mengerti dan memahaminya,” tulis keterangan pada halam GoFundMe.

Kabar terakhir menyebutkan bahwa pria yang menyerang sang nenek sudah berhasil teridentifikasi. Atas aksinya, Steve Jenkins diganjar dengan dua dakwaan, yaitu tindak kekerasan dan kekerasan pada orang tua.

You are the real MVP grandma! Stay safe and healthy!

close

Nenek Korban Pemukulan “Asian Hate” Donasikan Uang Hasil Penggalangan Pada Komunitas Asian American

Search
close