NASA Buat Musik dari Foto Luar Angkasa

access_time 1 tahun yang lalu

NASA berhasil bikin musik luar angkasa yang bikin merinding!

Angkasa luar memang penuh dengan banyak hal; planet, lubang hitam bahkan UFO. But there’s one thing that space really isn’t: loud.

Tanpa molekul udara bumi yang membawa bunyi, luar angkasa senyap tanpa suara. Namun kini NASA berhasil membuat musik dari luar angkasa.

Musik tersebut dibuat dari foto luar angkasa yang disulap menjadi komposisi nada. Foto yang digunakan diketahui diambil menggunakan Hubble Advanced Camera for Surveys dan Wide-Field Camera pada Agustus 2018.

Source: Science Alert

Foto tersebut menampilkan angkasa luar yang dipenuhi dengan bintang dan galaksi yang tak terhitung, foto ini pun diberi julukan ‘harta karun galaksi.’

Setiap galaksi yang terlihat adalah rumah dari bintang-bintang yang tak terhitung jumlahnya,” jelas NASA terkait foto tersebut.

Beberapa bintang yang lokasinya dekat dengan bumi terlihat lebih terang di bagian terdepan, sementara gugus galaksi yang ada di bagian tengah gambar menampilkan jutaan galaksi, semuanya terkumpul dan disatukan berkat kuasa gravitasi.”

Hubble GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Dalam proses pengubahan menjadi lagu, elemen dari gambar ini pun punya suara yang berbeda-beda. Bintang dan compact galaxies berbunyi singkat dan jelas, sementara galaksi spiral berbunyi panjang dan kompleks.

Selain itu, lokasi masing-masing objek juga akan menghasilkan variasi bunyi; objek yang berada pada bawah gambar menghasilkan nada yang lebih rendah, sementara objek yang berada pada atas gambar menghasilkan nada yang tinggi.

Waktu berubah dari sebelah kiri menuju kanan, dan frekuensi suaranya berubah dari bawah ke atas, mulai dari 30-1.000 Hertz,” jelas NASA.

Galaksi yang besar-besar ada pada bagian tengah gambar menghasilkan nada harmonis yang tidak terlalu tinggi ataupun rendah dalam video.”

close

NASA Buat Musik dari Foto Luar Angkasa

Search
close