NASA Ajak Lo Desain Toilet Astronot, Hadiahnya Ratusan Juta!

access_time 1 tahun yang lalu

Ayo jangan sampai ketinggalan! Deadline sampai 17 Agustus 2020!

Saat mendengar berita ini, gue langsung penasaran dimana seorang astronot buang air kecil / besar saat sedang di luar angkasa?

Bicara soal buang air, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja membuat sebuah sayembara dalam bentuk crowdsourcing buat lo yang bisa mendesain toilet untuk para astronot.

Rencananya, toilet hasil sayembara ini akan diberangkatkan bersama para astronot ke Bulan pada 2024 mendatang.

Sayembara Ratusan Juta

NASA engineers in the space flight operation facility at NASA's Jet Propulsion Laboratory (JPL) keep watch as the spaceship InSight, NASA's first robotic lander dedicated to studying the deep interior of Mars, prepares to land on the plant, from Pasadena, California, U.S. November 26, 2018. Al Seib/Pool via REUTERS
via REUTERS

Bukan sayembara namanya kalau gak ada hadiahnya. Nantinya, desain terbaik untuk toilet luar angkasa ini akan diberikan hadiah sebesar USD 20.000 atau setara IDR 287 juta.

Crowdsourcing ini untuk menemukan solusi inovatif dan memecahkan masalah yang dihadapi dunia,” kata NASA.

Kalau sekarang ini, sebenarnya sudah ada toilet yang digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Namun, misi ke bulan dalam waktu empat tahun lagi akan membutuhkan desain khusus supaya toilet pesawat ulang alik mampu beroperasi dalam gravitasi bulan dan kira-kira seperenam gravitasi Bumi.

Spesifikasi Toilet Astronot

via ISS

NASA pun memberikan aturan spesifikasi dalam lomba desain toilet astronot ini. Misalnya seperti berat kurang dari 33 pound dalam gravitasi Bumi, ukurannya tidak lebih dari 4,23 kaki kubik, mengonsumsi daya kurang dari 70 watt, dan mengakomodasi kedua jenis kelamin.

Selain itu toilet juga harus mudah dibersihkan dan dirawat. Kemudian juga harus memiliki waktu penyelesaian kurang lebih lima menit antar pengguna supaya kipas kamar mandi tidak terlalu bising.

via Giphy

Meskipun kita mungkin tahu cara membuat toilet, kami menyadari bahwa ada banyak inovasi dalam pengelolaan limbah dari toilet tanpa flush hingga toilet tanpa air dan banyak lagi.” lanjut pihak NASA, Mike Interbartolo.

_

NASA sangat menantikan untuk melihat inovasi-inovasi yang bisa lo buat untuk toilet astronot. Mereka telah menyediakan USD 20.000 sebagai hadiah utama, sedangkan juara dua dan tiga akan mendapatkan USD 10.000 dan USD 5.000.

DEADLINE 17 AGUSTUS 2020! PENGUMUMAN 30 SEPTEMBER 2020!

close

NASA Ajak Lo Desain Toilet Astronot, Hadiahnya Ratusan Juta!

Search
close