Musim Kemarau, tapi Jakarta Malah Diguyur Hujan, Kok Bisa?

Musim Kemarau, tapi Jakarta Malah Diguyur Hujan, Ini Alasannya
access_time 1 tahun yang lalu

Kemarau tapi kok hujan?

Memasuki bulan Juli ini, Jakarta harusnya sudah memasuki musim kemarau. Namun nyatanya hujan masih mengguyur ibu kota. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebut musim kemarau Indonesia di tahun ini akan lebih basah dari tahun sebelumnya.

Hal ini pun memicu respon di jagat maya. Salah satunya dari akun twitter dengan nama pengguna @bluhberry.

Penjelasan BMKG terkait hujan di musim kemarau

Menanggapi fenomena ini, Kepala Sub Bagian Hubungan Pers dan Media BMKG, Rini Endra Sari menyatakan, hujan yang terjadi di beberapa daerah saat musim kemarau adalah hal yang biasa.

Sudah masuk musim kemarau sejak awal Juni lalu, hujan di musim kemarau tidak dilarang artinya musim kemarau tidak berarti tidak ada hujan,” kata Rini dilansir dari Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Hujan pada musim kemarau, lanjutnya, dibentuk oleh dinamika cuaca yang terjadi saat itu, misalnya tingkat kelembapan udara yang cukup. Selain itu, sirkulasi angin juga punya andil untuk menciptakan hujan di musim kemarau.

Raining GIF - Find & Share on GIPHY

Source: Giphy

Puncak musim kemarau

BMKG menyebutkan bahwa puncak musim kemarau tahun ini akan berlangsung pada bulan Agustus.

Awal musim kemarau kadang masyarakat menamakannya musim pancaroba. Namun nanti menjelang puncak kemarau di bulan Agustus dalam satu bulan bisa tidak ada hujan sama sekali,” tutur Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal, dilansir dari CNN.

Datangnya musim kemarau berkait erat dengan peralihan Angin Baratan (Monsun Asia) menjadi Angin Timuran (Monsun Australia).

Rain Standing GIF | Gfycat

Source: Gfycat

BMKG memprediksi peralihan angin monsun akan dimulai dari wilayah Nusa Tenggara pada April 2020, lalu wilayah Bali dan Jawa.

Peralihan angin monsum kemudian dilanjutkan ke sebagian wilayah Kalimantan dan Sulawesi pada Mei 2020 dan akhirnya Monsun Australia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada bulan Juni hingga Agustus 2020.

Jadi, meski sudah memasuki musim kemarau, tetep prepare payung selama beraktivitas di luar rumah ya, soalnya hujan bisa aja turun sewaktu-waktu! Stay safe!

close

Musim Kemarau, tapi Jakarta Malah Diguyur Hujan, Kok Bisa?

Search
close