Mudik dan Pulang Kampung Berbeda Arti?

Mudik berbeda dengan Pulang Kampung
access_time 1 tahun yang lalu

‘Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung.’

Pada sebuah program wawancara, Mata Najwa, Presiden Joko Widodo menjelaskan kalau banyak warga yang pulang ke daerahnya dan menyebutkan bahwa itu bukan mudik.

Najwa Shihab sebagai host kemudian mempertanyakan apa bedanya pulang kampung dan mudik, sebab menurutnya kedua hal teresbut hanya berbeda soal waktu pelaksanaannya.

Pulang kampung dan mudik versi Jokowi

Menarik memang membahas soal pernyataan tersebut, menurut Presiden Joko Widodo, mereka yang sudah curi start terlebih dahulu sebelum pemerintah mengeluarkan keputusan larangan mudik tidak bisa dikatakan mudik, melainkan pulang kampung.

‘Kalau itu bukan mudik, Itu namanya pulang kampung. Memang mereka kerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada perkerjaan, ya mereka pulang. Karena anak istrinya di kampung, jadi mereka pulang.’ begitu jawab Jokowi.

Sementara menurutnya, mudik adalah di hari Lebaran dan bertujuan untuk merayakan Idul Fitri. Jokowi sendiri memaklumi langkah orang yang memilih untuk pulang kampung karena memang saat ini banyak yang kehilangan pekerjaan di Jakarta.

Apa benar pulang kampung dan mudik beda arti?

Mendengar pernyataan tersebut banyak netizen yang langsung mencoba mencari soal perbedaan tersebut. Sebagian besarĀ netizen yang masih membahas topik tersebut dalam pemahaman mereka sendiri ataupun secara bercanda.

Namun jika mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), maka sebenarnya keduanya memiliki makna arti yang sama, berikut seperti dikutip dari Detik.com ;

mudik
1. (berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman): dari Palembang — sampai ke Sakayu
2. pulang ke kampung halaman
Contoh: seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang mudik

Jadi mudik adalah kata kerja, arti pertama dari kata mudik adalah kembali ke udik atau hulu sungai, sementara arti kedua baru merujuk kepada pulang kampung yang merupakan kata kerja cakapan atau bukan bahasa baku.

Jadi kesimpulannya mudik dan pulang kampung bisa dibilang memiliki arti yang sama.

Wawancara Jokowi, dilakukan sebelum rapat terbatas

Melalui akun sosial medianya, Najwa Shihab menjelaskan dan mengkonfirmasi kepada publik kalau wawancara dengan Bapak Presiden Jokowi dilakukan Selasa,21 April 2020, sebelum rapat terbatas digelar.

Meskipun terucap kalimat soal perbedaan pulang kampung dan mudik, yang terpenting adalah bahwa telah ditetapkan sebuah keputusan jika mudik dilarang.

Keputusan tersebut disahkan oleh Jokowi pada hari yang sama setelah bertemu Najwa, pemerintah memutuskan untuk melarang masyarakat mudik Lebaran 2020, dan hal tersebut merupakan langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Jadi mudik sama pulang kampung beda arti atau sama sih? #masihaja

close

Mudik dan Pulang Kampung Berbeda Arti?

Search
close