MRT Jakarta Bikin Aturan Penumpang Berdiri, Bagaimana Caranya?

access_time 1 tahun yang lalu

Simak aturan khusus penumpang berdiri di MRT Jakarta, bikin lo gak khawatir lagi naik transportasi umum di masa pandemi!

Berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi di Jakarta memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa beradaptasi sebelum masuk ke new normal. Dengan begitu, beberapa aktivitas masyarakat secara bertahap sudah mulai dilonggarkan sejak 5 Juni 2020 kemarin.

Begitu juga dengan operasional transportasi umum yang sudah berjalan kembali, termasuk MRT Jakarta. Dalam upaya pencegahan virus corona, segala protokol kesehatan pun diatur dan diterapkan kepada para penumpang.

via Jakarta MRT

Protokol kesehatan yang pihak MRT berikan mulai dari pengecekan suhu di pintu masuk stasiun, sampai pengaturan tempat duduk dan penumpang yang berdiri di dalam gerbong.

Penumpang yang berdiri ada aturannya di MRT

via Katadata

Kalau selama ini lo naik MRT bisa berdiri dan bebas mengarah ke mana saja, kali ini sudah tidak bisa.

Bahkan sekarang cara berdiri di kereta pun diatur. Mungkin tadi Anda enggak lihat karena kereta enggak penuh, tapi kalau berdiri, penumpang harus berdiri menghadap arah laju kereta dan berbaris,” kata Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar dilansir dari Kumparan.

Ternyata sekarang penumpang yang berdiri wajib menghadap ke arah laju kereta.

Tombol lift sistem injak

Selain itu, MRT juga menyediakan tombol injak dengan kaki untuk membuka lift. Hal ini untuk mengurangi resiko penularan virus corona dari kontak langsung.

Terus kita dorong inisiatif ada thermal scanner supaya kalau antre, katakan jumlah akan meningkat 60 sampai 70 ribu. Kemudian menggunakan lift enggak perlu tekan lift. Jadi ditekan di kaki bisa lift terbuka tutup atau naik,” lanjutnya.

via Giphy

Melihat apa yang dilakukan pihak MRT Jakarta dalam menyambut new normal ini, mereka sudah terbilang siap dan akan selalu memberikan kenyamanan ekstra bagi setiap penumpangnya.

Mau bagaimana pun, tempat umum akan menjadi kawasan yang rawan penularan karena banyaknya orang. Namun MRT ingin memberikan pembuktian kepada masyarakat bahwa di masa pandemi ini, penggunaan transportasi umum sudah tidak perlu dikhawatirkan lagi.

_

Well done, MRT Jakarta! Semoga apa yang dilakukannya bisa bikin lo gak takut lagi untuk naik transportasi umum untuk sekarang ini.

close

MRT Jakarta Bikin Aturan Penumpang Berdiri, Bagaimana Caranya?

Search
close