MoMA Hadirkan Kelas Gratis Supaya Lo Tetap Produktif Selama Masa Isolasi

access_time 1 tahun yang lalu

Gara-gara pandemi corona ini, kita jadi harus melakukan physical distancing dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Makanya sekarang ini segala yang kita lakukan dilakukan secara digital.

Sementara fenomena digitalisasi ini semakin berkembang, berbagai aktivitas harian kita harus berpindah. Mulai dari WFH (Work From Home), konser virtual, eksibisi online, sampai kelas online yang bisa diakses tanpa biaya.

Inisiatif-inisiatif seperti ini merupakan upaya untuk mempermudah jalannya aktivitas kita selama di rumah dan bisa mempertahankan interaksi sosial kita di tengah pandemi ini. Setidaknya buat lo yang gak punya kerjaan di rumah, lo bisa tetap produktif dengan adanya kegiatan secara virtual ini.

Salah satunya yang dilakukan oleh sebuah museum di New York, MoMA (Museum of Modern Art). MoMA kali ini mencoba menyediakan kelas kesenian mereka secara gratis.

Tersedia 5 Kelas yang Dibuka

Lewat situs Coursera, museum ini akan menawarkan berbagai macam kelas yang meliputi berbagai macam topik kesenian, seperti fashionabstract painting, fotografi, dan seni modern lainnya yang akan disajikan dalam lima kelas.

Fashion as Design | Coursera
Source: Coursera

Kelas-kelas tersebut antara lain ada kelas Fashion as Design. Kelas ini akan berdurasi selama 18 jam dengan menawarkan pengetahuan tentang peran busana di luar perspektif penggunaannya. Tepatnya, kelas ini bisa jadi medium cerminan suatu budaya yang berdampak pada kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan lingkungan.

In the Studio: Postwar Abstract Painting | Coursera
Source: Coursera

Kemudian ada kelas In the Studio: Postwar Abstract Painting yang akan berbagi pengetahuan tentang gerakan seni di abad ke-20. Kelas ini juga akan mengenalkan lo kepada seniman ikonik seperti Willem de Kooning, Yayoi Kusama, Agnes Martin, hingga Mark Rothko.

A new course from MoMA: "What Is Contemporary Art?" | Coursera Blog
Source: Coursera

Kelas ketiga ada What is Contemporary Art? dimana kelas ini akan mengajak lo menjelajahi dunia seni kontemporer. Nantinya, kelas ini akan membahas secara mendalam tentang lebih dari 70 karya yang dihasilkan dari tahun 1980 sampai sekarang. Kelas ini juga akan mencakup sebuah gerakan dengan lima tema di dalamnya, yaitu “Media from Television to the Internet”, “Territories & Transit”, “Materials & Making”, “Agency”, dan “Power”.

Seeing Through Photographs | Coursera
Source: Coursera

Kelas keempat ada Seeing Through Photographs yang akan mengajarkan cara mengambil perspektif yang baru dari fotografi, baik secara teknis sampai mengartikan sebuah karya foto. Kelas ini juga akan memaparkan perjalanan seni fotografi yang sudah ada sejak 180 tahun terakhir.

Modern Art & Ideas | Coursera
Source: Coursera

Terakhir ada kelas Modern Art & Ideas yang akan memberikan sudut pandang dan cara melihat seni modern dan kontemporer. Lewat berbagai tema yang dibawakan yaitu “Places & Spaces”, “Art & Identity”, “Transforming Everyday Objects”, serta “Art & Society” akan menyertakan video koleksi MoMA sebagai referensi.

Nah, melihat banyak kelas yang disediakan, bisa banget nih buat lo yang mau tetap produktif di rumah dan tidak perlu ribet karena semuanya dilakukan secara gratis!. Paling menariknya, setelah mengikuti kelas ini, lo akan dapat serifikat resmi dari MoMA di profil LinkedIn lo.

Kelima kelas ini sudah dibuka sejak 8 April 2020 lalu lewat situs Coursera.

Baca juga artikel aktivitas yang bisa lo lakukan selama #dirumahaja di sini.

close

MoMA Hadirkan Kelas Gratis Supaya Lo Tetap Produktif Selama Masa Isolasi

Search
close