Mitos Paling Aneh di Indonesia yang Masih Dipercaya Meski Sudah “Merdeka” 76 Tahun Silam

Mitos Paling Aneh di Indonesia yang Masih Dipercaya Meski Sudah "Merdeka" 76 Tahun Silam
access_time 4 minggu yang lalu

Indonesia dan mitos sepertinya menjadi sesuatu yang tidak akan pernah terpisahkan. Pasalnya kendati di bulan ini tepat 76 tahun lalu Indonesia yang terkenal penuh cagar budaya, adata istiadat dan kepercayaan berhasil meraih kemerdekaannya, tidak sedikit mitos yang unik dan beragam yang masih dipercaya.

Mitos sendiri sebenarnya merupakan kepercayaan yang diwariskan secara turun-temurun. Karena itu banyak yang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran.

Mitos Paling Aneh di Indonesia yang Masih Dipercaya Meski Sudah "Merdeka" 76 Tahun Silam
via Giffer

Kendati demikian, tidak sedikit mitos yang tedengar itu tidak masuk akal dan logi. Namun karena mananya ‘kepercyaan’, di jaman seperti ini masih banyak orang yang mematuhinya.

Dalam kesempatan kali ini USS FEED mengkompilasi 10 mitos teraneh yang masih sering terdengar dan dipercaya oleh masyarakat Tanah Air.

10 Mitos paling aneh di Indonesia

1. Jangan memotong kuku di malam hari

Mitos pertama yang paling umum dan sampai saat ini masih beredar dan dipercaya adalah kegiatan memotong kuku pada malam hari.

Zaman dahulu, orang melarang siapapun untuk memotong kuku, mitos itu akan mengakibatkan orang yang menggunting kuku di malam hari akan cepat meninggal.

Mitos Paling Aneh di Indonesia - Jangan memotong kuku di malam hari
via Pinterest

Namun sampai saat ini, tidak ada yang mampu menjelaskan hubungan itu secara ilmiah. Jadi alasan paling masuk akal untuk tidak melakukannya adalah karena malam itu identik dengan gelap, sehingga mungkin saja salah gunting.

Makanya kalau gunting kuku malam, jangan lupa menyalakan lampu

2. Menyapu tidak bersih akan berakibat suami berewokan

Entah apa hubungan sebenarnya antara kedua hal ini, faktanya ini adalah sebuah pesan agar segala pekerjaan dapat dilakukan sungguh-sungguh.

Ancaman mendapat suami berewok adalah karena pada zaman dulu, pria seperti itu kerap mendapat stigma kasar, dan jahat.

Menyapu tidak bersih akan berakibat suami berewokan
via Giphy

Jadi tidak ada seorang gadis yang mau mendapatkan suami seperti itu. Tapi kenyataanya di era sekarang, berewok malah menjadi trend baru dan sama sekali tidak mencerminkan kepribadian seseorang.

3. Bersiul malam hari bisa membuat Lo di datangi setan

Pada kenyataannya sepertinya kalau memang bersiul di malam hari, yang akan datang justru tetangga bukan setan. Pasalnya mereka akan sangat terganggu mendengar siulan Lo saat hendak beristirahat.

Bersiul malam hari bisa membuat Lo di datangi setan
via Gyfcat

Mungkin setan yang dimaksud adalah tetangga yang marah gitu??

4. Duduk di depan pintu bikin Lo susah dapat jodoh

Buat yang masih jomblo, coba cek apakah Lo sering duduk di depan pintu? Kalau iya tidak apa juga, karena pada dasarnya tidak ada hubungannya antara kebiasaan itu dengan jodoh Lo.

Salah satu alasan kenapa sebaiknya tidak duduk di depan pintu adalah karena akan menghambat orang yang akan lewat. Belum lagi, risiko masuk angin akan semakin besar, mengingat itu tempat keluar masuk udara.

Duduk di depan pintu bikin Lo susah dapat jodoh
via Giphy

Namun jika dipikirkan lagi, mungkin saja orang yang duduk di depan pintu identik dengan kemalasan. Jadi akan mengurangi minat calon mertua yang melihat orang malas bukan?

5. Jangan bangun siang, nanti rejeki di patok ayam

Sudah pasti ayam tidak makan rejeki, karena makanan ayam adalah dedak. Kendati demikian mitos yang dipercaya sejak dulu ini tidak 100 persen salah.

Jangan bangun siang, nanti rejeki di patok ayam
via Tenor

Pasalnya dengan bangun kesiangan, maka waktu produktivitas seorang akan berkurang. Nah dengan bangun lebih awal, maka akan ada lebih banyak waktu untuk ‘bekerja’ dan mencari rezeki.

6. Anak kecil yang keluar waktu Mahgrib akan diculik wewe gombel

Rasanya mitos yang satu ini pasti pernah Lo dengar pas kecil. Namun sebandel apapun gua waktu kecil dan keluar pas Mahgrib, gua tidak pernah diculik wewe gombel.

Anak kecil yang keluar waktu Mahgrib akan diculik wewe gombel
via Giphy

Alasan yang paling masuk akal untuk anak kecil tidak keluar di waktu itu adalah karena sebaiknya dimanfaatkan untuk belajar, mengerjakan PR atau beristirahat.

Jadi sebenarnya mitos ini hanya untuk menakuti anak-anak agar mau disiplin waktu.

7. Ibu hamil wajib bawa gunting

Katanya sih, wanita yang sedang hamil kerap diikuti jin dan mahluk halus lainnya. Itulah yang membuat orang tua zaman dahulu percaya kalau gunting bisa menjadi penolak bala dan mahluk halus yang kerap menggangu ibu hamil.

Ibu hamil wajib bawa gunting
via Gifer

Walau sulit diterima akal sehat, masih banyak ibu hamil yang membawa gunting saat ke luar rumah. 

Awas kalau masuk mall dicegat bu, benda tajam itu

8. Jangan memakan buah dengan bijinya, nanti ..

Mitos paling aneh di Indonesia lainnya adalah agar seseorang tidak memakan buah dengan bijinya. Menurut mitos yang beredar, jika Lo memakan buah dengan bijinya, maka kepala Lo akan ditumbuhi tumbuhan dari buah yang di makan.

Mitos Paling Aneh di Indonesia - Jangan memakan buah dengan bijinya, nanti ..
via Giphy

Pada faktanya jelas sebaiknya tidak memakan bijinya, apalagi kalau buah duren karena Lo akan masuk rumah sakit.

Salah satu alasan yang masuk akal adalah karena sebenarnya biji buah itu bisa ditanam, bukan karena kepala kita akan tumbuh tanaman.

9. Dilarang membuka payung dalam ruangan

Membuka payung dalam ruangan dipercaya membawa nasib buruk. Beberapa menyebut teori ini berasal dari Mesir Kuno, di mana jika dibuka dalam ruangan makan itu akan membuat marah Dewa Matahari.

Dilarang membuka payung dalam ruangan
via make a gif

Mungkin alasan yang lebih masuk akal adalah payung terbuat dari jeruji logam keras dan pemicu pegas, jadi saat dibuka bisa sangat berbahaya. Apalagi kalau terkena benda atau orang disekitarnya.

10. Jangan memakai baju hijau saat ke pantai Selatan, sebab …

Mitos yang satu sepertinya menjadi salah satu yang sampai saat ini masih dipercaya. Pada kenyataanya alasan untuk tidak memakai baju hijau adalah karena dari kejauhan air Laut Selatan berwarna hijau.

Mitos Paling Aneh di Indonesia - Jangan memakai baju hijau saat ke pantai Selatan, sebab ...
via Malang Times

Bila seseorang memakai warna hijau, maka tim penyelamat akan sangat sulit menemukan mereka.

Top image via KapanLagi

Sebenarnya sih masih banyak mitos lainnya yang beredar bukan? Nah, dari 10 mitos paling aneh di Indonesia ini, adakah yang Lo percayai?

close

Mitos Paling Aneh di Indonesia yang Masih Dipercaya Meski Sudah “Merdeka” 76 Tahun Silam

Search
close