Microsoft Beli TikTok, Trump Jadi Makelar?

access_time 12 bulan yang lalu

Awalnya mengharamkan, sekarang Trump malah minta jatah TikTok ke Microsoft

Sebelum kabar beredar bahwa Microsoft akan membeli aplikasi video TikTok untuk cabang Amerika Serikat, Donald Trump sempat melarang aplikasi tersebut berada di negaranya.

Tapi saat Microsoft berencana akan membeli TikTok, Trump justru meminta “jatah substansial” dari harga jual aplikasi tersebut. Jika tidak diberikan jatah, TikTok akan benar-benar tidak boleh ada di AS pada 15 September 2020 mendatang.

Microsoft beli TikTok

via Unsplash

Saat ini, Microsoft sedang melakukan pembahasan dengan perusahaan China, ByteDance untuk mendapatkan TikTok cabang Amerika Serikat. Mereka juga telah mendiskusikannya dengan Donald Trump untuk masalah keamanan dan penyensoran.

Dikutip dariĀ Reuters, minggu lalu beberapa investor menilai aplikasi TikTok ini akan dihargai sebesar USD 50 miliar. Mereka pun juga mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses akuisisi ini.

Trump minta jatah

via AFP

Saya memang mengatakan bahwa jika Anda membelinya, berapa pun harganya yang jatuh ke tangan siapa pun yang memilikinya, karena saya rasa itu adalah China pada dasarnya… Saya mengatakan sebagian besar dari harga itu harus masuk ke Perbendaharaan Amerika Serikat karena kami memungkinkan perjanjian ini terjadi,” kata Trump dikutip dari Reuters.

Padahal, sebelumnya Trump mengatakan bahwa ia akan melarang TikTok di Amerika Serikat. Hal ini didasari pada kekhawatiran keamanan nasional AS terhadap keamanan data pribadi yang dicantumkan dalam TikTok.

via Giphy

Seorang pengacara di DLA Piper, Nicholas Klein pun mengatakan bahwa “Pemerintah tidak memiliki wewenang untuk mengambil bagian dari kesepakatan pribadi”.

Namun, demi memperlancar proses pembelian tersebut, apakah Microsoft akan mengindahkan permintaan Donald Trump?

_

Padahal awalnya Trump udah melarang keras aplikasi dari China tersebut beroperasi di negaranya. Tapi kalau udah urusan duit, mau gimana lagi?

Gimana tanggapan lo?


close

Microsoft Beli TikTok, Trump Jadi Makelar?

Search
close