Meski Tuai Banyak Kontroversi, Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020

access_time 2 tahun yang lalu

Ajang penghargaan untuk industri perfilman paling bergensi di dunia, Academy Awards atau Piala Oscar, turut mengikut sertakan beberapa film yang berasal dari berbagai negara, dalam kategori ‘Best International Feature Film‘ yang sebelumnya bernama  ‘Best Foreign Language Film’.

Meski menuai banyak sekali kontroversi dan filmnya tidak tayang lebih dari 1 minggu di bioskop karena dipaksa turun, anehnya Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama Komite Seleksi Film Indonesia, memilih film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ untuk bersaing di ajang penghargaan bergengsi itu.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Garin Nugroho Riyanto (@garin_film) on

Sebelumnya, ‘Ave Maryam’ dan ’27 Steps of May’ juga memasuk radar seleksi oleh panitia. Melansir dari Kumparan, Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Nasional, membeberkan alasan pemilihan film karya Garin Nugroho itu, untuk diikut sertakan dalam seleksi dalam Piala Oscar 2020.
Kami sepakat untuk memilih ‘Kucumbu Tubuh Indahku’, karena kami melihat bahwa dari film itu sebagai sebuah karya film lengkap. Film itu bukan hanya bahas oral dan bahasa gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa,” ujar Christine saat ditemui oleh Kumparan di kawasan Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta Pusat.
Semoga karya dari sutradara Garin Nugroho tersebut bisa megharumkan nama Indonesia dikancah internasional.

close

Meski Tuai Banyak Kontroversi, Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020

Search
close