close

Menyambut New Normal, Penumpang KRL Diminta Menjadi Bisu

By Billy Dewanda
access_time 1 bulan yang lalu Comments

Penumpang KRL harus siap menahan mulut selama new normal di kereta

Seruan new normal sudah terdengar hampir ke seluruh telinga warga Indonesia. Dalam menyambut new normal, memang banyak syarat dan protokol kesehatan yang perlu dilalui demi tetap menjaga kesehatan.

Seperti yang dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang juga telah menyiapkan sejumlah prosedur untuk karyawan dan juga penumpang kereta rel listrik (KRL). Dalam situasi new normal, stasiun kereta yang sudah dipastikan akan kembali ramai membuat peraturan untuk penumpang dilarang bicara langsung maupun lewat telepon selama melakukan perjalanan di dalam kereta.

Calon penumpang menunggu Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin 25 Mei 2020. PT Kereta Commuter Indonesia atau KCI melaporkan volume pengguna KRL saat pembatasan operasional di hari Lebaran 2020 turun 90 persen dibanding tahun sebelumnya, hal itu merupakan imbas dari pembatasan jam operasional yaitu pada pagi hari pukul 05.00 - 08.00 WIB dan sore hari pukul 16.00 - 18.00 WIB. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
via Tempo

Saat ini yang sudah disampaikan adalah imbauan kepada seluruh pengguna untuk tidak berbicara secara langsung maupun melalui telepon seluler, karena salah satu penularan COVID-19 melalui droplet atau cairan yang keluar dari saluran mulut dan hidung saat batuk, bersin, maupun berbicara,” kata Vice President Corporate Communications KCI, Anne Purba.

Selain dilarang berbicara secara langsung ataupun lewat telepon, pihak KCI juga tetap menjalankan protokol kesehatan seperti mewajibkan menggunakan masker selama di dalam kereta, pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun, dan tetap menerapkan physical distancing.

Pengguna KRL Wajib Punya Surat Tugas, Apa Kata Penumpang?
via Kompas

Untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna, akan ada penyekatan di sejumlah titik stasiun sehingga jumlah orang yang berada di peron dan di dalam kereta dapat terkendali. Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun,” lanjutnya.

PT KCI pun juga sudah mempersiapkan fasilitas lengkap untuk mentaati protokol kesehatan yang ada. Selama pandemi ini, setiap stasiun sudah menyediakan wastafel tambahan, penyediaan hand sanitizer, dan pembersihan secara rutin dengan disinfektan pada kereta dan permukaan yang kerap dipegang penumpang.

Ini Lima Keluhan Penumpang KRL | Republika Online
via Republika

Untuk kebijakan-kebijakan baru lainnya masih akan berlanjut secara intensif. Hal ini juga merujuk pada pedoman new normal yang dikeluarka pemerintah.

Namun memasuki new normal ini, PT KCI pun menghimbau untuk sebaiknya tetap bekerja di rumah, hal ini untuk meminimalisir resiko penularan Covid-19. Selain itu, mereka juga menghimbau untuk menghindari antrian, hindari naik KRL pada jam-jam sibuk karena pihak stasiun akan tetap menerapkan pembatasan jumlah penumpang.

close

Menyambut New Normal, Penumpang KRL Diminta Menjadi Bisu