“Menjaga Dunia”: Kolaborasi 16 Musisi Tularkan Optimisme Lawan Corona

access_time 2 tahun yang lalu

Berlangsungnya pandemi Corona yang sedang kita alami sekarang, sejatinya tidak menutup semua kemungkinan untuk berkarya. Justru di tengah krisis kesehatan seperti sekarang ini, kita bisa menjadi lebih kreatif dan optimis untuk menuntaskan keberadaan virus ini.

Seperti yang dilakukan oleh Grup Mahaka Radio Integra (MARI) yang berinisiatif untuk menularkan optimisme dan menyatukan semangat dalam memerangi virus ini dengan sebuah lagu. Berjudul “Menjaga Dunia“, lagu ini didedikasikan untuk bangsa Indonesia dan seluruh dunia yang tengah berjuang untuk pulih dari pandemi Covid-19.

Diisi oleh 16 musisi Indonesia

Source: MARI

MARI menggandeng 16 musisi lokal untuk berkolaborasi dalam lagu ini, diantaranya ada Ryan “D’Masiv”, Claudia Emmanuela, Ifan “Govinda”, Anji, Judika, Titi DJ, Lala Karmela, Vidi Aldiano, Pamungkas, Rizky Febian, Cita Citata, Ilham “HIVI!”, Neida “HIVI!”, Ade “Govinda”, Jeje “Govinda”, dan Dimas Joey.

Tim MARI sangat prihatin akan keadaan saat ini dan ingin melakukan sesuatu agar masyarakat tetap semangat. Berangkat dari pemikiran inilah, MARI kemudian menyampaikan pesan pentingnya menjaga diri dengan menjaga jarak. Lagu ini hadir sebagai “pengingat” untuk masyarakat Indonesia khususnya.” tutur Adrian Syarkawie selaku CEO MARI dalam siaran persnya.

Lewat lagu “Menjaga Dunia” ini juga tersirat sebuah pesan untuk menjaga diri dengan menjaga jarak secara fisik, namun tetap menyatu dalam hati dan punya semangat yang sama untuk kembali pulih. Seperti halnya yang telah dikampanyekan MARI dengan #MARIsalingjaga, yang ingin menyampaikan pesan untuk bersikap serius tanpa panik berlebihan dalam menghadapi pandemi ini.

Semua suara direkam dari rumah masing-masing

Source: Giphy

Dalam proses produksinya, semua musisi melakukan proses rekaman dari rumah masing-masing. Tentunya hal ini pun jarang terjadi dan dilakukan segelintir musisi Indonesia selama ini. Titi DJ pun menyampaikan hal demikian, bahwa ia merasakan hal baru dalam bermusik.

Proses pembuatan lagu ini, mengajarkan saya tentang hal-hal baru di dunia, dan lagu ini menjadi ajang belajar untuk saya.” kata Titi DJ.

Dengan adanya lagu “Menjaga Dunia”, ini menjadi bukti nyata bahwa pandemi tidak membatasi kreativitas dan menyebarkan optimisme untuk pulih, walaupun harus saling menjalankan physical distancing.

close

“Menjaga Dunia”: Kolaborasi 16 Musisi Tularkan Optimisme Lawan Corona

Search
close