Memperingati 9/11, Tragedi Mengerikan Di Amerika Serikat

access_time 2 tahun yang lalu

11 September 2001 merupakan hari dimana tragedi mengerikan membekaskan luka kepada seluruh warga di Amerika Serikat. Serangan teroris terhadap gedung World Trade Center (WTC) menewaskan ribuan orang di New York dan Gedung Pentagon di Washington DC.

Insiden serangan terjadi saat 19 pembajak dari kelompok militan Islam, Al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpak. Para pembajak dengan sengaja menabrakan 2 pesawat tersebut ke Menara Kembar World Trade Center di New York City. Kedua menara akhirnya runtuh dalam waktu dua jam. Pesawat ketiga yang dibajak mulai menabrakan dirinya ke Pentagon di Arlington, Virginia dan pesawat keempat terjadi perlawanan antara penumpang dengan para pembajak yang akhirnya jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania dan gagal mencapai Washington, D.C. Insiden ini menewaskan 3.000 orang tewas dan 6000 orang luka-luka.

Saat insiden terjadi banyak fakta-fakta menarik yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang.

CAUTIONS: Image May Contains a Sensitive Content Which Some People May Find Offensive and Disturbing

The Falling Man

Fotografer: Richard Drew

Kejadian yang terjadi pada gedung WTC ini memanglah mengerikan, terlebih lagi bagi orang-orang yang terperangkap digedung tersebut. Seakan tidak ada jalan keluar lagi untuk bisa kabur dari gedung tersebut. Para pekerja maupun orang yang berada di lantai tinggi terpaksa melompat untuk menyelamatkan dirinya atau sengaja bunuh diri untuk menghindari kebakaran dan asap. Salah satu foto berhasil diabadikan oleh Richard Drew, dimana dirinya memotret foto seorang pria jatuh dari Menara Utara World Trade Center pada pukul 09:41:15 dengan nama “The Falling Man“.

Rekaman Pembicaraan Penumpang Pesawat Yang di Bajak

Melalui YouTube TSA, saat insiden terjadi khususnya para penumpang dari pesawat yang di bajak, mereka seakan terlihat putus harapan. Beberapa penumpang tersebut berhasil menelpon kerabat mereka dan mengatakan bahwa mereka tidak akan selamat. Mereka yang terjebak dipesawat dan digedung tersebut hanya bisa mengatakan rasa sayangnya kepada kerabat mereka.

5 Menit Berbicara Dengan Pekerja WTC

Salah satu pekerja dari WTC, Kevin Cosgrove berhasil menelpon 911 dan sempat berbicara setidaknya 5 menit dengan petugas kepolisian di Amerika Serikat. Tak lama selang mereka berbicara, tiba-tiba gedung tersebut runtuh dan kata-kata terakhir dari Kevin adalah “OH GOD! OH!”.

Perayaan 9/11 Untuk Memperingati Korban-Korban

Source: Kompas

Pada tanggal 18 Desember 2001, Kongres menyetujui 11 September sebagai “Hari Patriot” untuk memperingati serangan 11 September. Pada 2009, Kongres menyatakan 11 September sebagai Hari Layanan dan Peringatan Nasional.

Setiap tanggal 11 September setelah pernyerangan, para warga AS akan menyalakan lilin dan upeti bunga di kedutaan besar AS di Seluruh dunia.

 

Image Source: [Mynews3]

close

Memperingati 9/11, Tragedi Mengerikan Di Amerika Serikat

Search
close