Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari 78,985 ton Barang Elektronik Bekas

access_time 2 tahun yang lalu

Tahun 2020 kota Tokyo, Jepang menjadi tuan rumah untuk olahraga multicabang terbesar di dunia, yakni Olimpiade dan Paralympic 2020.

Ajang olahraga terbesar dengan siklus empat tahun sekali ini akan memertemukan perwakilan negara dari seluruh dunia untuk memperebutkan medali di setiap cabang olahraga.

Image result for tokyo 2020 medal

Yang berbeda dari Olimpiade kali ini adalah Jepang selaku tuan rumah membuat medali-medali dari hasil daur ulang sampah elektronik yang banyaknya mencapai kisaran 78.985 ton.

Terobosan yang dilakukan oleh Jepang memang sangat keren, tapi tidak hanya sekedar keren-kerenan saja. Langkah ini dilakukan juga sekaligus mengurangi sampah yang ada di bumi dan juga sebagai gerakan agar masyarakat dunia lebih mencintai bumi dimana manusia tinggal.

Image result for tokyo 2020

Aneka sampah elektronik itu dikumpulkan dan terdiri dari berbagai macam alat seperti laptop, termasuk juga 6,21 juta ponsel bekas yang diberikan oleh jaringan toko NTT Docomo di seantero Negeri Sakura. Dari pengolahan puluhan ribu ton limbah tersebut, komite penyelenggara berhasil mengumpulkan emas sebanyak 32 kg, perak 3.500 kg, dan perunggu 2.200 kg.

Dari jumlah tersebut, ternyata cukup untuk membuat sebanyak 5.000 medali emas, perak, serta perunggu untuk dikalungkan di leher para atlet juara Olimpiade dan Paralympics 2020.

Pengumpulan sampah elektronik untuk Olimpiade dan Paralympic Tokyo berlangsung selama hampir dua tahun sejak April 2017 hingga Maret 2019.

Yangh lebih kerennya lagi, para penduduk Jepang juga ikut berkontribusi dengan memberikan perangkat-perangkat elektronik bekas lewat sejumlah posko pengumpulan yang sengaja disebar di seluruh Jepang.

Mashable, pada Twitter resminya bahkan memperlihatkan bagaimana medali ini dibuat pada video di atas.

Image result for tokyo 2020 medal
Source: City-cost.com

Pada foto di atas terlihat bahwa salah satu sisi terlihat logo Olimpiade bertuliskan “Tokyo 2020” sementara di sisi lain terlihat figur Dewi Nike yang diambil dari mitologi Yunani.

Olimpiade dan Paralympic, Tokyo 2020 akan berlangsung pada 24 Juli 2020 hingga 9 Agustus 2020. Jangan lupa untuk mendukung Indonesia agar bisa memenangkan medali emas di ajang olahraga bergengsi dunia ini.

close

Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat dari 78,985 ton Barang Elektronik Bekas

Search
close