💵 8 Mata Uang Unik di Dunia, Suka yang Mana?

access_time 5 bulan yang lalu

Setiap negara pasti punya mata uang tersendiri. Seperti Indonesia dengan rupiah, dan India yang mempunyai rupee. Nah, di beberapa negara memiliki keunikan pada mata uangnya. Contohnya saja seperti di bawah ini. 

Pecahan 100 juta miliar, Hungaria 

mata uang
Via: AndropHedia

Hungaria ternyata punya mata uang unik, berupa pecahan 100 juta miliar. Penciptaan pecahan ini berawal dari tahun 1946, di mana negara tersebut mengalami yang namanya inflasi masif. Memang, pecahan ini menurut orang banyak jumlahnya sangat banyak. Namun, pada zaman itu, nilai pecahan tersebut setara dengan 20 sen. 

Koin Freshwater Pearl, Palau 

mata uang
Via: Finansialku

Negara kepulauan Palau ternyata punya koin yang cukup unik. Warga setempat menyebutnya dengan Freshwater Pearl. Sesuai dengan namanya, koin ini punya mutiara kecil pada bagian tengahnya. Menurut beberapa sumber, koin satu ini dibuat khusus oleh pemerintah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kehidupan biota laut. 

Pecahan 100 triliun, Zimbabwe 

mata uang
Via: Pulsk

Selanjutnya, ada Zimbabwe yang punya mata uang tak kalah unik. Berupa pecahan bernilai 100 triliun dollar. Sejarahnya sama dengan yang terjadi pada Hungaria, yakni inflasi tinggi pada tahun 2008 silam. Maka dari itu, di masa pemerintahan tersebut diciptakan pecahan ini supaya masyarakat tidak perlu membawa segepok uang untuk membeli sesuatu. 

“Uang Bicara”, Mongolia 

mata uang
Via: TraderHUB

Ada juga “uang bicara” dari Mongolia. Koin bernilai 500 ini mempunyai foto John. F. Kennedy pada bagian depannya dan juga terdapat sebuah tombol. Apabila tombol tersebut ditekan, maka akan mengeluarkan pidato terkenal dari seorang John F. Kennedy. Namun, sampai saat ini, masih belum diketahui mengapa John F. Kennedy yang ada di koin tersebut, bukannya Presiden Mongolia di tahun 2007. 

Mata uang kayu, Jerman 

mata uang
Via: LINE Today

Perekonomian di Jerman pada masa pasca perang dunia I sangatlah memprihatinkan. Sampai semua barang dipergunakan untuk membeli sesuatu. Salah satunya adalah kayu yang dibentuk seperti uang. Dipotong menjadi persegi panjang dan dilengkapi warna serta nominal. Penduduk setempat menyebutnya dengan Notgeld. 

Pecahan uang bolong, Zaire 

Via: Liputan6

Zaire juga punya keunikan pada salah satu pecahan uangnya. Berupa uang yang berlubang pada bagian wajah presidennya. Ini disebabkan presiden yang terpampang pada uang tersebut digulingkan pada tahun 1997. 

Mata uang keju, Italia 

Via: Viva

Italia yang khas dengan kejunya, ternyata juga punya mata uang dari keju, lho. Namun, ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Pasalnya, ini merupakan jaminan yang diperbolehkan Bank Banco Emiliano untuk para pembuat keju. Jadi, kalau para pembuat keju tidak berhasil melunasi utang, maka pihak bank akan menjual keju tersebut yang nilainya setara dengan US$300 setiap kejunya. 

Koin bentuk souvenir, Zambia 

Via: TraderHUB

Ada juga koin bentuk souvenir dari Zambia. Koin dengan pecahan 5000 di negara tersebut mempunyai bentuk yang mirip dengan souvenir Olimpiade Sydney pada tahun 2000. Ternyata, memang koin ini terinspirasi dari souvenir tersebut dan sekaligus untuk meramaikan olimpiade itu. 

Beberapa mata uang di atas memang cukup unik. Namun, semuanya diciptakan karena ada alasannya. Mulai dari krisis ekonomi sampai dengan meramaikan olimpiade. Bagaimana, kamu suka yang mana nih?

 

close

💵 8 Mata Uang Unik di Dunia, Suka yang Mana?

Search
close