Martin Scorsese akan Merestorasi Film Legendaris Indonesia, “Lewat Djam Malam”

Martin Scorsese akan Merestorasi Film Legendaris Indonesia, "Lewat Djam Malam"
access_time 1 tahun yang lalu

Berkat Martin Scorsese, film karya Usmar Ismail tersebut jadi film Indonesia pertama yang direstorasi Criterion Collection

Kabar baik untuk pecinta film Indonesia. Film klasik legendaris arahan Usmar Ismail, “Lewat Djam Malam” akan direstorasi, thanks to sineas legendaris Martin Scorsese.

Untuk merestorasi film ini, Martin Scorcese lewat Martin Scorcese’s World Cinema Project-nya pun menggandeng Criterion Collection.

Di industri film, nama Criterion Collection pun sudah punya reputasi besar sebagai label home video asal Amerika yang punya spesialisasi di bidang perizinan film-film klasik legendaris. Dengan kerja sama ini, film “Lewat Djam Malam” versi restorasi pun akan tersedia untuk home viewing.

Sayangnya, saat ini Criterion Collection baru melayani shipping ke Kanada dan Amerika Serikat. Belum ada kabar apakah film ini nantinya akan tersedia di Indonesia atau tidak.

“Lewat Djam Malam,” film legendaris Indonesia

Dikenal dengan judul internasional “After The Curfew,” film ini mengusung genre psychological drama/neo-noir tentang Iskandar, mantan prajurit yang tak bisa menyesuaikan diri dengan gaya hidup warga sipil era postcolonial. Untuk penulisan naskah, Usmar Ismail pun menggandeng Asrul Sani yang dikenal sebagai sastrawan peraih penghargaan Citra.

Film ini dirilis pada tahun 1954 dan melabungkan nama Usmar Ismail sebagai sosok pionir sinema Indonesia.

Lewat Djam Malam: Bulan Madu Panjang Militer dan Birokrasi ...

Source: Cinema Poetica

Ini bukan kali pertama “Lewat Djam Malam” direstorasi. Pada tahun 2012, film ini sudah sempat direstorasi dan ditayangkan di beberapa ajang perfilman internasional seperti Cannes Film Festival sebagai World Classic Cinema entry, juga London Film Festival.

Bukan cuma “Lewat Djam Malam”

Proyek Martin Scorcese’s World Cinema Project tak hanya akan mrestorasi film “Lewat Djam Malam.” Sesuai namanya, sederet film lain dari berbagai negara dan berbagai akan direstorasi dan dirilis sebagai collector’s set yang meliputi beberapa film lain.

Film-film tersebut adalan “Dos monjes” (Two Monks, 1934) dari Mexico, “Lucía(1968) dari Kuba, “Soleil” Ô (Oh, Sun, 1970) dari Perancis, “Downpour” (1972) dari Iran dan “Pixote” (1981) dari Brazil.

Americanhousewife Bingewatching GIF by ABC Network - Find & Share ...

Source: Giphy

close

Martin Scorsese akan Merestorasi Film Legendaris Indonesia, “Lewat Djam Malam”

Search
close