Mantra Vutura Rangkum Keluh Kesah dalam “Kehendak Tuhan”

access_time 1 tahun yang lalu

Tristan dan Zaki melanjutkan hubungannya dengan Tuhan lewat karyanya

Hadirnya pandemi virus corona seperti ini memang memberikan dampak buruk untuk hampir semua orang, tapi justru para musisi bisa memanfaatkan itu. Jadi momentum khusus di mana para musisi bisa mendapatkan inspirasi lagu dari apa yang sedang dirasakan di masa sulit seperti ini.

Mantra Vutura terlihat melakukan itu. Masa pandemi dijadikan sebagai waktu untuk bermeditasi dengan melihat apa yang sudah dilakukan selama ini.

Kali ini mereka berhasil merilis lagu berjudul “Kehendak Tuhan“. Mungkin agak berat untuk dimaknai, namun musik sederhana masih bisa dinikmati.

Makna “Kehendak Tuhan”

Mantra Vutura & Natasha Udu - Kehendak Tuhan (Official Music Video ...
via YouTube / Mantra Vutura – Kehendak Tuhan

Seperti apa yang mereka lakukan dalam proses produksi lagu ini, mereka melalui proses meditatif. Saat itu salah satu personilnya, Tristan sedang bermonolog dan seakan “memantrakan” dirinya untuk berhenti berkeluh kesah.

Apa yang ingin dibawakan dalam lagu ini sebenarnya ingin mengatakan bahwa doa dan usaha memang sudah jadi kewajiban manusia. Tapi ada saatnya berserah diri dan bersyukur atas apa yang kita miliki, justru bisa jadi obat atas segalanya.

Untuk ke-sekian kalinya / Nyata pernyataan dilema / Manusia mencari asa / Manusia biasa / Terbiasa

Lewat lagu ini, kita diajak untuk melihat hal-hal baik yang bisa dipetik, terlebih di masa pandemi. Masa sulit seperti ini justru harus dijadikan waktu terbaik untuk mengenali dan mengembangkan diri sebagai bekal kehidupan di masa datang.

Hubungan manusia dengan Tuhan

via Mantra Vutura

Dari karya sebelumnya, Mantra Vutura memang sudah mengusung konsep hubungan manusia dengan Tuhan. Terlihat dari lagu “2020” yang mengajak 61 musisi Indonesia untuk merekam dirinya sambil mengucapkan kata “Amin“.

Selanjutnya bersama Hindia, Tristan dan Zaki juga melanjutkan konsep ini lewat lagu “Percakapan Pt 1“. Lagu ini ingin menceritakan doa-doa manusia yang tidak terkabulkan.

Alih-alih selalu menyalahkan Tuhan dalam karya sebelumnya, lagu “Kehendak Tuhan” jadi jawaban dari “Percakapan Pt 1

Proses produksi

via Mantra Vutura

Jika sebelumnya mengajak Hindia, kali ini Mantra Vutura mengajak sosok Natasha Udu. Karakter suara Natasha Udu mampu memberikan warna baru bagi musik Mantra Vutura.

Sebagai penulis lagu, Tristan merasa sangat senang karena liriknya mampu direalisasikan Natasha Udu dan Zaki. Sehingga “Kehendak Tuhan” bukan jadi sekedar karya, tapi bisa jadi pengingat yang berarti dan personal.

_

Dengarkan lagu “Kehendak Tuhan” di seluruh platform streaming digital atau dengarkan di bawah ini.

close

Mantra Vutura Rangkum Keluh Kesah dalam “Kehendak Tuhan”

Search
close