Lukisan Van Gogh di Museum Belanda ‘Raib’!Padahal Belanda Lagi ‘Lockdown’

access_time 1 tahun yang lalu

Kok bisa yah?

Lukisan yang dilukis oleh Vincent van Gogh pada tahun 1884 dengan judul ‘Parsonage Garden at Neunen in Spring‘ raib dicuri. Sang ‘kriminal’ memilih cara memecahkan pintu kaca lalu mengambil lukisan yang saat ini kurang lebih bernilai enam juta Euro.

Singer Laren Museum sebagai tempat yang ‘menampilkan’ lukisan tersebut sebenarnya sedang tutup selama dua minggu, sebagai respon dari apa yang dianjurkan oleh pemerintah Belanda dalam langkah pencegahan dan perlawanan terhadap penyebaran virus corona.

Exterior view of the Singer Museum in Laren, Netherlands
via DW.com

‘Aku sangat terkejut dan kesal bukan main atas terjadinya hal tersebut.’, begitu tutur Jan Rudolph de Lorm selaku salah satu direktur dari Singer Laren Museum. Pada jumpa pers yang dilakukan dia juga menambahkan ‘Karya seni yang ditampilkan di sini adalah untuk dilihat, dinikmati, menginspirasi dan membawa penghiburan, terutama di masa-masa sulit yang sedang pribadi lepas pribadi alami saat ini.’

Menariknya pencurian tersebut terjadi mendekati ulang tahun yang ke 167 dari van Gogh.

Sedang Dalam Penyelidikan

Menurut pihak kepolisan Belanda, pencuri tersebut melakukan aksinya sekitar pukul 03.15 pagi waktu setempat dan saat ini sudah dalam tahap penyelidikan lebih lanjut. Arthur Brand selaku Dutch art detective merupakan salah satu sosok terkenal.

Brand pernah berhasil menemukan dan memecahkan beberapa kasus pencurian ‘Nazi Art’, dan salah satu diantaranya adalah Hitler Horses‘. ‘Perburuan dan pencarian sudah dimulai’ begitu tuturnya. Dia juga menambahkan ‘To me this looks like the work of copycat’.

How art detective Arthur Brand recovered two multi-million pound ...
via Independent.co.uk

Menurutnya kasus tersebut memiliki modus operandi yang mirip dengan dua kasus terdahulu. ‘Mereka hanya menargetkan lukisan Van Gogh, pada ada banyak karya lainya di museum tersebut.’

Kejadian pencurian sebelumnya juga pernah terjadi pada Singer Laren pada tahun 2007, namun 2 hari setelahnya ‘The Tinker‘ berhasil ditemukan. Pihak kepolisian juga disebutkan sedang memeriksan rekaman sekuriti untuk bisa mempercepat penyelesaian kasus ini.

Singer Laren sendiri sebenarnya memiliki banyak koleksi dari William dan Anna Singer yang berfokus pada moderinisme seperti ‘neo impressionism‘, ‘pointillism‘ , ‘expresionism‘ dan ‘cubism‘. Selain itu ada juga karya dari Piet Mondrian dan pelukis Belanda-Indonesia Jan Torop.

Karya Van Goh Menjadi Incaran

Beach at Scheveningen in Stormy Weather - Wikipedia
via wikipedia

Tahun lalu, ada dua karya Van Gogh yang kembali ditampilkan pada Amsterdam’s Van Goh museum, setelah dicuri dari museum tersebut di tahun 2002. Luksian dengan judul ‘View of the Sea at Scheveningen‘ (tahun 1882) dan ‘Congregation Leaving the Reformed Church at Nuenen‘ (tahun 1884/5) berhasil ditemukan oleh penyelidik dari Italia pada September 2016, saat mereka menggrebek rumah gembok mafia di daerah Naples.

Congregation Leaving the Reformed Church in Nuenen, Vincent van ...
via ABC.com

Sebelumnya ada 3 karya Van Gogh yang juga dicuri dari Noordbrabant Museum pada tahun 1990. Menariknya lukisan yang dicuri dari Singer Lauren ternyata dipinjam dari Groninger Museum yang terletak di utara Belanda.

Tujan peminjaman tersebut adalah dikarenakan lukisan ‘Parsonage Garden at Neunen in Spring‘ merupakan bagian dari eksibis yang sedang berlangsung. Lukisan yang saat ini raib datang dari masa awal karir Van Gogh, sebelum dirinya menemukan trademark lukisan ‘post impressionist‘ seperti ‘Sunflowers‘.

Semoga saja pencuri lukisan tersebut dapat segera ditemukan, dan karya Van Gogh bisa segera kembali ke tempat yang seharusnya yah. Istiliah ‘cari kesempatan dalam kesempitan’ ternyata dikenal juga nih sama warga Belanda.

source : DW.com

close

Lukisan Van Gogh di Museum Belanda ‘Raib’!Padahal Belanda Lagi ‘Lockdown’

Search
close