🖼 8 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Sampai Triliunan

lukisan termahal
access_time 4 bulan yang lalu

Seni memang dari dulu tak ternilai harganya. Ini semua dikarenakan seni adalah ide murni dari si pencipta karya. Terbukti seperti banyaknya goresan di kanvas yang dihargai sangat tinggi. Kalau kamu ingin tahu apa saja lukisan termahal yang dimaksud, berikut adalah ulasannya. 

Salvator Mundi 

lukisan termahal
Via: Jakarta Post

Lukisan termahal untuk saat ini masih disandang oleh karya dari Leonardo Da Vinci bernama Salvator Mundi. Mahakarya satu ini mempunyai harga sebesar 450,3 juta US dollar atau sekitar 6 triliun rupiah. Lukisan ini mempunyai cerita menarik di baliknya. Yakni Leonardo Da Vinci membuat gambar ini khusus untuk Raja Louis XII dan istrinya Anne yang berasal dari Perancis. Kemudian, Salvator Mundi ternyata juga pernah “menghilang” dari tahun 1763 sampai dengan 1900 dan 1958 yang ditemukan kembali pada tahun 2005. 

Interchange 

lukisan termahal
Via: Pinterest

Selanjutnya ada Interchange yang diciptakan pada tahun 1955. Karya dari Willem de Kooning ini terjual dengan harga 300 juta US Dollar atau 4,3 triliun apabila dirupiahkan. Ini merupakan lukisan abstrak pertama dari Willem de Kooning yang dibeli oleh Kenneth C Griffin pada acara lelang Art Institue of Chicago. 

The Card Players 

lukisan termahal
Via: 1st Art Gallery

Lukisan selanjutnya ada dari Paul Cezanne yang bernama The Card Players. Sesuai dengan namanya, lukisan ini menggambarkan tentang dua orang pria yang sedang bermain kartu. Menariknya, The Card Players terdiri dari 5 seri yang digambar dalam versi dan juga ukuran berbeda. Nah, salah satu serinya dibeli oleh Royal Family of Catar dengan harga 250 juta US Dollar atau setara Rp 3,6 triliun. 

Nafea Faa Ipoipo 

lukisan termahal
Via: Wikipedia

Nafea Faa Ipoipo adalah lukisan termahal lainnya. Mahakarya dari Paul Gauguin ini diciptakan pada tahun 1982 yang awalnya disimpan di Museum Kunst, Basel, Swiss. Namun kini sudah dibeli secara pribadi oleh Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani dengan harga 210 juta US Dollar atau Rp 3,07 triliun. 

Number 17A 

lukisan termahal
Via: KAZoART

Salah satu lukisan abstrak yang tergolong mahal yaitu Number 17A. Karya dari Jackson Pollock ini dibeli oleh kolektor bernama Kenneth C Griffin dengan harga 200 juta US Dollar atau Rp2,9 triliun. Saat ini, lukisan tersebut ada di rumahnya yang sebelumnya dipajang d Art Institue of Chicago. 

No. 6 (Violet, Green, and Red) 

lukisan termahal
Via: Amazon

Lukisan abstrak yang dibanderol dengan harga tinggi selain Interchange dan Number 17A adalah No.6 (Violet, Green, and Red). Sesuai dengan sebutannya, lukisan ini hanya terdiri dari warna ungu, merah, dan hijau yang ditata menjadi satu. Karya dari Mark Rothko ini dihargai sekitar Rp2,4 triliun. 

Flag 

lukisan termahal
Via: MoMA

Ada juga Flag yang merupakan lukisan bendera Amerika. Lukisan yang dihargai sekitar 1,5 triliun rupiah ini diciptakan pada tahun 1954 oleh Jasper John. Memang cukup sederhana lukisannya, tapi banyak orang yang tertarik untuk menyaksikannya. Apabila kamu penasaran, bisa melihat lukisan ini di Museum of Modern Art New York. 

Silver Car Crash (Double Disaster) 

lukisan termahal
Via: SevenPonds

Kemudian ada Silver Car Crash yang diciptakan oleh Andy Warhol. Lukisan ini terbagi menjadi dua sisi, di mana yang satu polos dan lainnya adalah lukisannya. Hadir dengan warna monokrom, lukisan ini mempunyai harga Rp1,3 triliun. 

Nah, itu tadi adalah sejumlah lukisan termahal yang ada di dunia. Mungkin beberapa di antaranya terlihat biasa saja, padahal sebenarnya ada cerita menarik di balik pembuatannya. Dari ulasan di atas, mana nih yang paling kamu suka? 

close

🖼 8 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Sampai Triliunan

Search
close