Lawan Rasisme; Cara Lo Support #BLACKLIVESMATTER di Indonesia

access_time 1 tahun yang lalu

Menjadi perbincangan hangat dalam beberapa pekan terakhir.

Salah satu pemicu utamanya adalah kasus kematian George Flyod yang terjadi di Amerika Serikat, semenjak itu banyak sekali aksi protes terjadi dan menyuarakan perlawanan terhadap tindakan rasisme.

Semua orang ingin terlibat dan bersuara

Protes dan aksi turun ke jalan di Amerika Serikat juga terjadi di berbagai negara lain seperti Prancis, Brazil, Australia, New Zealand dan Jerman.

Hal tersebut menunjukan bahwa hampir sebagian besar orang ingin untuk bisa terlibat aktif dalam menyuarakan kampanye anti rasisme, pertanyaanya adalah bagaimana para warga Indonesia juga bisa terlibat menyuarakan anti rasisme.

Nah USS Feeds akan memberikan tips sederhana bagi lo untuk bisa terlibat aktif dan menyuarakan anti rasisme ;

Aktif mencari tahu soal issue yang sedang terjadi, jangan mudah percaya pada satu sumber melainkan cari berita dari beberapa angle. Cari tahu di mana positioning dalam sebuah sistem masyarakat dan bagaimana issue tersebut berdampak pada perasaan lo.

via Giphy

Berikan donasi lewat situs terpercaya dan tanda tangani petisi yang menyuarakan gerakan anti rasisme.

Setelah mulai paham akan apa yang terjadi, jangan lupa untuk berdiskusi orang lain. Hal tersebut bisa dimulai dari rumah dengan membahas isue rasisme yang marak terjadi. Jangan sungkan untuk menegur siapapun yang secara sengaja atau tidak melakukan rasisme!

via Giphy

Gunakan sosial media sebagai alat untuk membagikan informasi yang berguna dan akurat. Jangan hanya memposting foto hitam yah.

via Giphy

Ingat mereka para korban rasisme. Selain menyuarakan soal gerakan anti rasisme, pastikan bahwa nama para korban terus diingat.

via Giphy

Itu tadi beberapa cara untuk bisa terlibat aktif kampanye #BlackLivesMatter meskipun berada di Indonesia, tapi tahukah lo bahwa sebenarnya isu rasisme juga terjadi pada mereka orang Papua?

Untuk bisa aktif terlibat, semua cara dan langkahnya ada di sini.

 

 

 

 

 

 

close

Lawan Rasisme; Cara Lo Support #BLACKLIVESMATTER di Indonesia

Search
close