Lawan Corona, Singapura Ciptakan Superhero Anti-Liverpool

access_time 1 tahun yang lalu

Momen seperti ini adalah saat dimana semua negara mencari jalan untuk memerangi virus corona. Namun upaya melawan virus corona di setiap negara pasti berbeda-beda.

Yang unik ditemukan di Singapura, dimana mereka melawan virus corona dengan menciptakan superhero anti-Liverpool. Pemerintah Singapura menciptakan sederet superhero dengan sebutan Virus Vanguard, tugasnya melawan Covid-19.

Anggaplah Virus Vangard adalah Avengers, kelompok superhero ini terdiri dari lima karakter dan ada salah satu nama yang menarik perhatian. Nama dan penampilannya, terlihat superhero ini punya rasa “anti-Liverpool”.

Superhero ini bernama MAWA Man, singkatan dari Must Always Walk Alone. Sekedar pengingat, mungkin nama itu merujuk pada chant Liverpool, You’ll Never Walk Alone.

MAWA Man.
Source: Kumparan

Kesan “anti-Liverpool” semakin kuat ketika melihat kostum yang melekat pada tubuh MAWA Man. Layaknya Superman, ia punya logo Liverbird di dadanya dengan sebuah garis melintang di atas logonya.

Mari Fokus pada MAWA Man

政府推出“超级英雄”防疫漫画网民纷吐槽| 早报
Source: Government Singapore

Berdasarkan apa yang ditulis situs resmi Pemerintah Singapura, karakter MAWA Man punya kekuatan super untuk melawang virus corona. Kekuatannya adalah bisa memaksa orang-orang untuk tidak berdekatan (physical distancing).

Ternyata, MAWA Man digambarkan sebagai seorang fans berat Manchester United yang tumbuh besar tahun 80-an. Mengingat pada masa itu, Liverpool sedang jaya-jayanya dengan berbagai macam piala yang berhasil diraih.

Dalam cerita yang dibangun, MAWA Man menjadi sangat anti-Liverpool karena dulu sering diejek saudaranya yang merupakan fans Liverpool.

Fans Liverpool tidak suka dengan MAWA Man

Survei Menyebutkan Suporter Liverpool Paling Sering Mengumpat di ...
Source: AP Photo

Nyatanya, upaya Pemerintah Singapura untuk melawan virus corona dengan membuat superhero ini kurang disetujui masyarakat, khususnya fans Liverpool.

Mereka (fans Liverpool) merasa kurang nyaman dengan munculnya MAWA Man di tengah perkumpulan Virus Vanguard. Bahkan sampai muncul petisi untuk mengubah karakter itu.

Pemerintah Singapura dengan cepat langsung mengambil langkah tegas untuk segera merevisi Virus Vanguard. Jadi untuk saat ini, Virus Vanguard sedang tidak tersedia di situs resmi Government Singapore.

Kami minta maaf jika kami telah menyinggung perasaan siapapun. Ini merupakan pertama kalinya kami menggunakan konten dengan format seperti ini. Kami harap pengertian kalian,” kata Pemerintahan Singapura dalam keterangannya di akun Facebook resminya.

Selain MAWA Man yang jadi kontroversi, Virus Vanguard diramaikan oleh Fake News Buster, Dr. Dissinfecto, Circuit Breaker, dan Care-leh Dee. Semua nama superhero ini berkaitan dengan virus corona dengan kekuatan masing-masing yang mampu menghadapi virus corona.

close

Lawan Corona, Singapura Ciptakan Superhero Anti-Liverpool

Search
close