Larry Tesler, Penemu ‘Cut’, ‘Copy’, & ‘Paste’ Meninggal Dunia

access_time 2 tahun yang lalu

Cut, copy, dan paste pasti merupakan sistem kecil yang memiliki dampak sangat penting bagi lo. Bagaimana tidak? Semenjak adanya sistem tersebut pada awal 1983, pengguna digital services tentu sangat dipermudah dalam setiap pekerjaannya, terutama untuk memindahkan suatu teks dari satu tempat ke tempat lain di dalam komputer.

Image result for cut copy paste

Penemu sistem copy, paste, dan cut tersebut, Larry Tesler baru saja meninggal dunia di umurnya yang ke-74. Kabar duka tersebut dibenarkan oleh saudara Larry Tesler sendiri, Alan Tesler. Akun twitter perusahaan Xerox (Xerox is an American global corporation that sells print and digital document products and services) juga mem-publish lewat akun twitter resminya.

Penemu sistem cut,copy & paste, find & replace, dan lainnya adalah mantan ilmuan Xerox, Larry Tesler. Pekerjaan sehari-hari anda menjadi lebih mudah, terima kasih kepada idenya yang revolusioner. Larry meninggal pada hari Senin, bergabunglah dengan kami untuk berduka.

Sejarah Singkat Larry Tesler

Setelah lulus dari Universitas Stanford di Kalifornia, Larry memulai karirnya dengan bekerja di perusahaan Xerox Palo Alto (PARC) dimana ia dan rekannya, Tim Mott menciptakan fitur cut, copy, dan paste. Berkat inovasinya tersebut, Larry direkrut oleh Steve Jobs untuk bekerja di perusahaan Apple.

Larry menemukan sistem perintah cut, copy, dan paste yang di adaptasi dari sistem pengeditan kuno dengan cara memotong bagian dari suatu teks cetak dan menempelkannya di tempat lain dengan bantuan perekat.

Sistem perintah tersebut kemudian diterapkan kedalam produk Apple dimulai dari komputer ‘Lisa‘ pada tahun 1983 dan dilanjutkan dengan menghadirkan sistem tersebut di dalam Macintosh asli pada tahun berikutnya. Semenjak itu, komputer menjadi mudah untuk dipelajari dan digunakan oleh semua orang di dunia hingga saat ini.

Image result for macintosh old

Setelah lama berkarir di perusahaan Apple, pada 1993 ia diangkat menjadi Vice President dan Chief Scientist. Larry juga membuka start up miliknya sendiri serta bekerja dengan perusahaan Amazon dan Yahoo.

Dia memiliki visi yang kuat bahwa komputer adalah untuk semua orang dan ingin menciptakan teknologi yang praktis, ekonomis dan ready to use. 

Inovasi yang dikemukakan oleh Larry Tesler dalam dunia teknologi memiliki dampak yang sangat besar. Bayangin aja, kalo sampe sekarang tidak ada sistem tersebut di komputer lo pasti bakalan susah untuk memindahkan teks di internet kedalam skripsi lo!

Thank you and rest in Peace, Larry Tesler.

close

Larry Tesler, Penemu ‘Cut’, ‘Copy’, & ‘Paste’ Meninggal Dunia

Search
close