Kura-Kura Kuning Mirip Pisang Ditemukan di India

Kura-Kura Kuning Mirip Pisang Ditemukan di India (foto: Odisha Forest Deaprtement)
access_time 1 tahun yang lalu

Kura-kura kuning pisang ini ditemukan oleh seorang petani yang sedang bekerja di ladang

Kura-kura umumnya berwarna hijau tua atau kecokelatan, namun baru-baru ini seekor kura-kura baru ditemukan di India. Kura-kura tersebut berwarna kuning terang seperti pisang.

Ditemukan di ladang

Kura-kura tersebut ditemukan oleh seorang petani bernama Basudev Mahapatra ketika sedang bekerja di ladang miliknya di desa Sujanpur, distrik Balasore Adisha.

Menyadari warnanya yang unik, Basudev Mahapatra pun melaporkan penemuan kura-kura kuning pisang tersebut ke pihak berwenang.

Penyu kuning langka yang ditemukan di India timur (CNN Photo)

Kura-kura kuning pisang (foto: CNN)

Bukan spesies baru, kura-kura kuning pisang tersebut disebabkan adanya kelainan pigmen

Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Konservasi Keanekaragaman Hayati, Siddharta Pati, ini adalah kali pertama ia menemukan kura-kura seperti itu.

Ia menduga, kura-kura tersebut berwarna kuning seperti pisang karena mengalami kondisi albino alias kelainan pigmen.

Ini adalah kelainan bawaan dengan ditandai tidak adanya pigmen tirosin sebagian atau sepenuhnya,” jelas Pati. “Hal ini juga kadang-kadang terjadi karena terjadi mutasi dalam urutan gen.”

Kalau albino pada manusia, seseorang akan mengalami penurunan jumlah atau tidak ada pigmen di mata, rambut, dan kulit mereka. Hal itu memengaruhi warna kulit dan rambut yang tampak sangat putih serta fungsi penglihatan mereka.

Kini kura-kura langka berwarna kuning itu pun telah dilepasliarkan.

Bukan kura-kura jenis baru

Kura-kura kuning pisang tersebut ternyata adalah jenis kura-kura flapshell India yang berusia satu setengah hingga dua tahun. Selain di India, kura-kura tersebut juga sering ditemukan di Pakistan, Sri Lanka, India, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar.

Kami menemukan kura-kura dan kepiting secara teratur dan kami menyelamatkan mereka dan melepaskannya ke dalam air. Tetapi ini adalah pertama kalinya di Odisha dan kedua kalinya di India bahwa kura-kura albino telah ditemukan,” kata Pati.

Albino Murray River Turtles -Amazing Amazon

Foto: amazingamazon.com.a

Kura-kura flapshell termasuk dalam omnivora yang memakan beragam makanan mulai dari katak katak, siput, hingga beberapa vegetasi air. Pada tahun 2016, kura-kura hijau albino langka – baru menetas – terlihat di pantai Australia.

Relawan dari Coolum dan North Shore Coast Care “kagum” melihat makhluk mungil itu, yang mereka beri nama Little Alby, di Castaways Beach, di Sunshine Coast Queensland.

close

Kura-Kura Kuning Mirip Pisang Ditemukan di India

Search
close