Kopi Kenangan Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Jadi Unicorn FnB Pertama di Indonesia

access_time 4 minggu yang lalu

Siapa, sih yang nggak kenal dengan nama Kopi Kenangan? Nama itu tentunya sering kita baca atau dengar di mana-mana.

Perusahaan startup buatan anak bangsa yang bergerak di bidang makanan dan minuman (F&B) tersebut baru saja menyandang status ‘Unicorn‘.

Status itu ternyata mereka dapatkan setelah menerima suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama sebesar US$96 juta, atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Kopi kenangan jadi Unicorn bidang F&B pertama di Indonesia dan Asia Tenggara

Istilah ‘Unicorn‘ sendiri merujuk perusahaan startup yang punya nilai mencapai 1 miliar dollar AS. Nilai itu setara dengan Rp14,2 triliun.

Melalui pendanaan inim valuasi perusahaan kini menembus US$1 miliar dan menempatkan Kopi Kenangan sebagai perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara,” kata CEO Edward Tirtanata, mengutip CNN.

Ia juga menjelaskan, pendanaan seri C ini dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya. Ada Horizons Ventures, Kunkun, B Capital, dan investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

Mengincar pasar internasional

Kopi Kenangan Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Jadi Unicorn FnB Pertama di Indonesia
via Gifer

Memang, saat ini pihaknya belum menyebutkan seberapa besar valuasi Kopi Kenangan.

Bagaimanapun, dengan suntikan dana terbaru ini, perusahaan tersebut berencana mempercepat ekspansi merek-merek yang mereka bawahi.

Di antaranya, ada Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis ke seluruh Indonesia. Lebih lanjut, mereka berencana akan terus memperluas dan merambah jaringan gerai kopunya hingga pasar internasional.

Kini, perusahaan penyandang titel ‘Unicorn‘ tersebut sudah menjadi ‘Kenangan Brands‘ yang memiliku lebih dari 3.000 staf dan 600 gerai di 45 kota seluruh Indonesia.

Baca juga:

close

Kopi Kenangan Dapat Suntikan Dana Rp1,3 Triliun, Jadi Unicorn FnB Pertama di Indonesia

Search
close