Kim Jong Un Larang Rakyatnya Pakai Skinny Jeans, Ini Alasannya!

access_time 3 minggu yang lalu

Penguasa Korea Utara, Kim Jong Un dikenal sebagai pemimpin yang ‘aneh’ karena gemar meluncurkan rudal. Berbagai kebijakan yang dibuatnya pun juga kerap menuai kontroversi.

Beberapa waktu lalu, ia baru saja melarang rakyatnya untuk menggunakan skinny jeans. Kira-kira, apa alasan kebijakan ini diberlakukan?

Kim Jong Un Larang Pakai Skinny Jeans

Kim Jong Un - Skinny Jeans
The Broadwalk

Memilih gaya berpakaian harusnya menjadi kebebasan berekspresi dari masing-masing orang yang menggunakannya. Sayangnya, di Korea Utara pun gaya berpakaian sampai diatur oleh pemerintah di sana.

Kim Jong Un baru-baru ini melarang rakyatnya mengenakan skinny jeans. Keputusan ini pun diambil karena ia khawatir gaya ini mencerminkan budaya barat yang mempengaruhi gaya anak muda di Korea Utara dan akan berdampak pada rezimnya.

Read more:

Bahkan setelah ditelusuri, ternyata ia juga melarang rakyatnya menggunakan kaos dengan kata-kata berisi slogan. Selain itu, Kim Jong Un juga melarang warganya melakukan tindik di hidung dan mulut, serta melarang masuknya band K-Pop Korea Selatan.

Kami harus waspada dengan tanda sekecil apapun dari gaya hidup kapitalis dan harus berjuang untuk menyingkirkan itu. Sejarah mengajarkan kami pelajaran penting bahwa sebuah negara bisa menjadi rentan dan akhirnya runtuh seperti tembok lembab, di luar faktor ekonomi dan pertahanan, hanya jika kita tidak berpegang teguh pada gaya hidup kita sendiri,” tulis surat kabar resmi Komite Sentral Partai Buruh Korea dikutip dari The Sun.

Rakyat Dilarang Potong Rambut Gaya Mullet

Kim Jong Un - Mullet
Next Luxury

Melansir Kompas, rupanya Kim Jong Un juga melarang rakyatnya punya potongan rambut bergaya mullet. Alhasil, di Korea Utara hanya 15 model potongan rambut yang diizinkan di sana.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap pun mengatakan kalau kebijakan itu diberlakukan untuk memperingatkan kaum muda Korea Utara tentang gaya hidup “eksotis dan dekaden”. Larangan tentang fashion ini pun datang dari bagian undang-undang baru Korea Utara.

_

Siapa nih yang masih suka pake skinny jeans? Untung Lo gak tinggal di Korea Utara.

close

Kim Jong Un Larang Rakyatnya Pakai Skinny Jeans, Ini Alasannya!

Search
close