Beda dengan McDonald’s, KFC Sarinah Tutup tapi Minim Pengunjung, Kenapa?

KFC Sarinah Tutup, tapi Nggak Seramai McDonalds
access_time 1 tahun yang lalu

Lo tim McDonald’s atau tim KFC nih?

Lo mungkin udah tau bahwa Sarinah department store di kawasan Thamrin telah menutup pusat perbelanjaannya. Semua gerai pun harus ditutup, termasuk McDonald’s Sarinah yang dikenal sebagai gerai McDonald’s pertama di Indonesia.

Penutupan gerai McDonald’s Sarinah pun berlangsung emosional, bahkan memicu keramaian. Hal ini pun jadi pembicaraan jagat maya karena kejadian tersebut berlangsung di tengah pandemi Corona.

KFC komentari keramaian penutupan McDonald’s Sarinah

Pada tanggal 11 Mei, KFC Indonesia sempat mengungah foto bertuliskan: “Para cowok harus tahu, cewek lebih senang dikasih kulit ayam daripada bunga mawar.”

Unggahan tesebut dibanjiri berbagai komentar, salah satunya menyoal tentang penutupan McDonald’s Sarinah.

Min @KFCIndonesia nggak bikin sinetron kayak @mcdonalds di Sarinah mas?” kata warganet @setyasa.

Tak disangka, komentar dari warganet tersebut langsung direspons oleh salah satu kompetitor besar McDonald’s tersebut. Sang admin memberikan jawaban telak.

Tidak perlu, karena kita mematuhi PSBB,” jawab admin @KFCIndonesia.

Ditanya Soal Acara Kumpul-Kumpul saat PSBB, Jawaban Admin KFC ...

Source: Suara.com

Penutupan KFC di Sarinah berlangsung tanpa sorotan

Tak semua penutupan gerai-gerai di gedung Sarinah tersebut berlangsung dengan emosional. Salah satunya adalah penutupan gerai KFC di gedung yang sama.

Kejadian ini mencuat jadi perhatian sejak diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna @adriansyahyasin. Cuitan tersebut memperlihatkan penutupan KFC Sarinah yang sepi.

KFC Sarinah tutup….. tanpa drama,” cuit @adriansyahyasin.

 

Kenapa penutupan KFC Sarinah sepi?

Penutupan KFC Sarinah tentu kontras dengan penutupan McDonald’s. Kuat diduga, perbedaan ini muncul karena minimnya ikatan historis gerai KFC Sarinah dibanding McDonald’s Sarinah.

Meski begitu, ada juga yang menilai sepinya penutupan KFC Sarinah dikarenakan kepatuhan KFC terhadap anjuran physical distancing. Itulah alasan kenapa KFC memilih untuk tidak mengumumkan penutupan gerai tersebut di media sosial.

Didirikan pada 15 Agustus 1966, Gedung Sarinah dikenal sebagai pusat perbelanjaan pertama di Indonesia.

Mengemban amanat Presiden Soekarno, Sarinah awalnya digadang-gadang menjadi pusat perdagangan dan promosi barang-barang produksi dalam negeri, terutama hasil pertanian dan perindustrian rakyat dan mendukung kemajuan produk-produk usaha kecil, menengah, dan koperasi.

Namun Sarinah akhirnya harus menutup pintunya pada bulan Mei lalu, mengakhiri pelayanan pusat perbelanjaan tersebut setelah 30 tahun.

close

Beda dengan McDonald’s, KFC Sarinah Tutup tapi Minim Pengunjung, Kenapa?

Search
close