🍟4 Resep Kentang Goreng Mudah dengan Rasa Mewah

By
access_time 3 bulan yang lalu

Salah snack bites yang nggak ada matinya adalah kentang goreng. Bahan makanan versatile ini walau hanya digoreng, rasanya bisa macam-macam.

Kentang merupakan salah satu jenis pati yang bisa menjadi sumber karbohidrat baik maupun makanan sampingan. Ada yang suka dengan kentang goreng biasa, yang garing di luar empuk di dalam, yang digoreng dengan air fryer dan masih banyak lagi.

Kali ini kita akan bahas beberapa metode kentang goreng yang bakal jadi teman di waktu senggangmu. Bahannya cukup mudah dan murah, tapi sensasi rasanya berbeda-beda. Kalian bisa explore sendiri mana yang rasanya paling sesuai dengan selera.

Kentang goreng renyah di luar pulen di dalam

Sepertinya ini menjadi kentang goreng favorit semua orang. Di mana luarnya tetap garing, tapi dalamnya pulen dan empuk. Nah, di resep ini, kita akan diberitahu tips dan trik supaya kentang bisa renyah.

Jika kita selama ini mengira bahwa kentang goreng yang enak itu bisa renyah karena beku lebih dulu atau harus menggunakan tepung, sepertinya kurang tepat. Kunci utama french fries yang crunchynya awet adalah mengurangi kandungan patinya.

Jadi, kita perlu meluruhkan pati tersebut dalam rendaman dan bilasan air dingin. Setelah itu, tetap ada proses mengeringkan agar kelembabannya bisa berkurang. Step ini tidak repot dan juga tidak terkesan praktis, tapi cobain aja deh. Jaminan hasilnya nggak kalah dengan resto dan hotel.

Dalam video tersebut juga memaparkan teknik menggoreng yang benar. Dua kali penggorengan ternyata apinya juga nggak boleh sembarangan. Yakin deh, step ini masih banyak yang salah sangka di penerapannya. Nah, mudah-mudahan kali ini berhasil ya.

Dipping sauce yang ada di resep ini adalah cheese sauce. But since Asian snacks nowadays loves chilli, jadi tastenya bukan hanya cheesy, tapi juga ada sensasi kepedasan yang bisa kita atur sendiri.

Potato Cheese Stick yang pernah viral

Resep kentang yang satu ini melalui pengolahan terlebih dahulu. Di mana mengawinkan kentang dan keju menjadi satu adonan. Walau konsepnya bukan kentang goreng biasa, tapi rasanya justru istimewa. Karena selain sudah mengandung cheese, ada tips khusus sehingga adonannya akan renyah dengan awet. Resep ini ada di Youtube Fun Cooking with Yackikuka yang memang selalu kreatif ide memasaknya.

Kentangnya Grandpa Kitchen

Kalau kalian rajin menyisir resep di Youtube, setidaknya bakal nemu channel unik dari India. Iconnya adalah Narayana Reddy, seorang kakek yang suka memasak dalam porsi luar biasa besar dalam kuali untuk anak-anak yatim piatu. Reddy sendiri sudah meninggal dunia tahun 2019 lalu. Tapi, skill memasaknya terekam di channelnya yang masih aktif hingga hari ini.

Salah satu resepnya adalah potato chips. Sesuai namanya, resep ini memang konsepnya kripik kentang. Versi lebih tipis dari kentang goreng. Tanpa kitchen estetik dan mewah, Reddy berhasil membuat bahagia hati anak-anak dengan membuatkan mereka keripik kentang yang tak kalah dari potato chips bermerk.

Kentang goreng lama bikinnya tapi mewah rasanya

Meski judulnya kentang goreng dan bentuknya mirip, kali in kentang diolah ke dalam oven. Kalau kamu lebih suka memasak dengan olive oil atau sejenisnya, sepertinya resep ini cocok. Yang berbeda dari resep ini adalah durasi memasaknya yang memang makan waktu. Meski demikian, kerenyahannya nggak akan mengecewakanmu.

Adam Ragusea bahkan mengklaim kerenyahannya bikin orang berpikir kalau kentang itu melalui tahap menggoreng. Sebenarnya konsepnya mirip, tapi menggunakan media yang berbeda. Bahannya sedikit premium, tapi tidak ada salahnya dicoba.

Jadi, memang kentang itu comfort food yang tiada tanding tiada banding kalau kita tahu cara terbaik mengolahnya. Resep ini bisa jadi senjata mengatasi kejenuhan di rumah saja, bikinin buat gebetan atau mau nyogok dosen buat cepet lulus. Enjoooy…..!

close

🍟4 Resep Kentang Goreng Mudah dengan Rasa Mewah

Search
close