💙9 Kata Kata Motivasi Hidup untuk Bangkit dari Kegagalan

By
access_time 4 bulan yang lalu

Banyak yang bilang saat posting kata kata motivasi hidup, menandakan orang itu sedang stress. Barangkali hal ini ada benarnya.

Tapi, semoga kita bukan menjadi teman atau orang yang menghakimi atau menjadikan kondisi mereka sebagai guyonan untuk basa-basi. Karena, saat seseorang sedang mengalami fase berat dalam hidupnya, rasanya tak bisa dibandingkan dengan apapun.

Saat berhadapan dengan masalah, manusia membutuhkan waktu untuk mencerna situasi dan emosinya. Kemudian, mulai mencoba berdamai dan menerima keadaan. Proses ini bukan hal yang mudah dan membutuhkan dukungan. Barangkali sejumlah kata kata motivasi hidup ini bisa kita berikan sebagai bentuk empati dan penguatan bagi mereka.

Kata kata motivasi hidup untuk self love

Suber: Kompas

“Sekedar mengingatkan, bahwa kamu cukup. Kamu berharga.”

Kegagalan, hambatan, omongan orang, seringkali membuat kita merasa rendah pada diri sendiri. Karena saat menghadapi masalah, seringkali emosi dan hati yang bicara. Coba ingatkan dia tentang ini ya. Karena bahkan, yang sering berisik bukan dari luar, tapi dari kepala kita sendiri yang pikirannya sedang tidak karuan.

“Be gentle to yourself. Nggak apa-apa kok kalau mau rehat, yang lain bisa menunggu.”

Seringnya ketika sedang kalut, kita tidak sadar menyiksa diri. Menangis berhari-hari, malas makan, malas bergerak, bekerja sampai larut, minum kopi banyak-banyak dan sebagainya. Wahai hati yang tersayang, jika kita mencari siapa yang paling bisa menolong diri kita, coba lihat ke cermin. Itulah sosoknya.

Memaknai kegagalan dari sisi yang lain

Sumber: evidently cochrane

“Setidaknya ketika kamu mencoba, kamu sedang belajar dan bertumbuh. Tenang, ini hanya proses untuk berkembang.”

Ada kalanya kita terlalu fokus pada hasil, sehingga melupakan yang namanya proses. Hidup tidak pernah berhenti berproses dan belajar. Bahkan yang namanya gagal pun, adalah suatu bentuk pembelajaran.

Sedang self healing? Berikan dia dukungan ini

Sumber: Very Well Health

“Ada kalanya kita merasa sudah lebih baik dan kuat, ternyata sedih lagi, galau lagi. Nggak apa-apa, begitulah self healing. Kadang dia berantakan dan nggak ada tenggat waktunya. Karena prosesnya nggak hanya terjadi dalam semalam. Butuh waktu, pelan-pelan aja, ya.”

Menyembuhkan hati yang lara memang tidak seperti penyakit flu yang diberi obat dan vitamin lalu poooffff…. Sakitnya sembuh. Rasa adalah hal yang berbeda. Dibutuhkan kesabaran dan keseimbangan antara logika, hati, tindakan dan waktu untuk bisa menuntaskannya.

Belajar untuk ikhlas

Sumber: Motivait

“Ada kalanya kita perlu melepaskan beberapa hal, agar hal yang lebih baik bisa tumbuh. Di antaranya adalah hal-hal di luar kendali kita.”

Coba deh dengarkan lagu Kunto Aji yang berjudul ‘Rehat’, ‘Sulung’ atau ‘Selaras’. Ada kalanya kita perlu membiarkan semesta bekerja, untuk hal-hal yang bukan berada dalam kendali kita. Memang berat, tapi memang bukan kuasa kita untuk membawanya. Dan yakinlah, hal yang lebih indah dan layak untuk kita segera datang.

Kata kata motivasi hidup sebagai suntikan penguatan

Sumber: Similog

“Kamu mampu kok. Sudah banyak hal yang kamu lalui dan kali ini kamu akan bisa melewatinya.”

Ada masanya seseorang memasuki fase di mana dia merasa lemah di tengah-tengah fase struggling. Karena recovery mental memang bisa memakan waktu yang cukup lama. Ingatkan mereka bahwa dirinya sangat kuat karena sudah bertahan sejauh ini juga bukan hal yang mudah.

“Masalah ada untuk memberi hidup kita warna dan pelajaran. Serta menunjukkan pada kita, bahwa ternyata kita keren dan kuat.”

Tren mental ambyar membuat banyak orang mudah luluh menghadapi cobaan. Padahal kalau dipikir-pikir, saat menghadapinya ternyata manusia itu lebih strong. Semua akan baik-baik saja seiring waktu dan bila perlu, dampingi mereka sambil deep talk, makan apa yang dia suka atau menyusuri tempat-tempat yang bisa membuat pandangannya lebih luas.

Kata kata motivasi hidup yang membangkitkan semangat

Sumber: Youtube

“Coba bayangkan, kalau masa sulit yang kamu hadapi sekarang, ternyata adalah proses sedang menyiapkan kamu untuk hal yang kamu impikan.”

Kadang kita lupa, bahwa semua ini hanya urusan dunia. Padahal rezeki dan jodoh tidak akan tertukar kok. Saat ada banyak tanya, “Kenapa?” dalam benak kita, coba bayangkan kalau ternyata semua ini sedang menuju pada keadaan yang jauh lebih baik. Ingat, kesenangan mungkin tidak selalu ada selama 24 jam, tapi sedih pun tak selamanya.

Menyikapi keadaan juga butuh dukungan

Sumber: Off The Shelf

“Itulah sebabnya, janganlah kau sekali-kali murung karena punya uang, lebih tak boleh murung lagi bila kau sedang miskin.

Asal kau pandai menikmati keadaan, maka kehidupanmu di dunia ini baru terasa tidak sia-sia.

Sehingga andai kata kau mati pada suatu hari, kau bisa mati dengan hati gembira.”

Pernah dengar tidak kalau seringkali kita merasa tidak senang hati, karena kita mengizinkan hal itu terjadi? Padahal, yang menentukan sebenarnya bagaimana respon dan sikap kita pada masalah atau situasi tersebut. Pandai-pandai menikmati keadaan, agar bukan kita yang dikuasai penuh oleh kondisi tersebut.

Selain kata-kata motivasi, hadirnya orang-orang dekat dengan perhatian tentu akan membuat mereka yang mengalami masalah bisa lebih ringan. Kadang yang kita perlu lakukan hanya hadir dan mendengar, atau hanya menemani tanpa banyak bicara.

Hidup memang tidak selesai dengan quote kehidupan. Tapi banyak kata-kata penyemangat ini yang lahir dari berbagai masa sulit. Semoga hatimu segera pulih dan satu pesan untukmu, untuk bisa sejauh ini, kamu hebat.

BACA JUGA: Quarter Life Crisis, Kecemasan di Usia Dewasa yang Bikin Galau

close

💙9 Kata Kata Motivasi Hidup untuk Bangkit dari Kegagalan

Search
close