Karya Arsitek Indonesia Terbaik Se-Asia Ada di Salatiga

access_time 2 tahun yang lalu

 Dancing Mountain House karya arsitek asal Indonesia bernama Budi Pradono yang pernah memenangkan Arcasia Architecture Awards (AAA)pada tahun 2016 lalu.

Dancing Mountain House bertempat di Salatiga, Jawa Tengah memiliki konsep yang mengedepankan peran arsitektur di tengah masyarakat dan kombinasi antara modernisasi dengan unsur tradisional.

Dancing Mountain House, Salatiga, Central Java | by Budi Pradono ArchitectsDancing Mountain House Salatiga by Budi Pradono Architects

Layaknya etalase, rumah yang banyak menggunakan bambu itu terkesan transparan dan unik. Dari pelataran, seluruh ruangan di bagian dalam rumah dapat terlihat. Dari luar tampak jelas bahwa rumah itu memiliki lima atap yang seperti gunung.

Dancing Mountain House Salatiga by Budi Pradono Architects

Atap itu sendiri adalah lambangkan dari lima gunung yang mengelilingi Salatiga, yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Andong, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Gunung-gunung ini diinterpretasikan dalam ruangan-ruangan di dalam rumah itu. Atap ini juga memiliki fungsi yang dapat digunakan sebagai masukan cahaya alami siang hari.

Salah satu tempat yang wajib sekali dikunjungi jika berada di Salatiga, full direction to this Dancing Mountain House here.

close

Karya Arsitek Indonesia Terbaik Se-Asia Ada di Salatiga

Search
close