Kartel Narkoba Mexico El Chapo Divonis Penjara Seumur Hidup

access_time 2 tahun yang lalu

Setelah berhasil ditangkap pada tahun 2016 akhirnya vonis untuk Joaquin “El Chapo” Guzman sudah ditetapkan. El Chapo yang sempat kabur dari penjara berkeamanan maksimum sebanyak dua kali ini divonis oleh Hakim pada Pengadilan Negeri Brooklyn, New York, Amerika Serikat menjatuhkan putusan penjara seumur hidup.

El Chapo yang sekarang berusia 62 tahun berati harus mendapatkan hukuman penjara sesuai dengan umurnya. Dilansir dari Reuters, Hakim Distrik Brooklyn, Brian Cogan, juga menjatuhkan hukuman tambahan 30 tahun penjara kepada Guzman. Cogan beralasan hanya memberikan hukuman itu karena terhalang aturan.

Hakim Cogan juga memerintahkan penyitaan aset El Chapo senilai US$12.6 miliar dalam persidangan di Brooklyn. Kartel ini dikenal sebagai salah satu kartel narkoba terbesar dan paling brutal di Meksiko.

El Chapo, yang memiliki julukan ‘shorty’ atau ‘pendek’ ini membangun reputasi ala Robin Hood di negara bagian Sinaloka, Meksiko. Ini membuatnya dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat yang hidup miskin di kawasan pegunungan itu.

Selama ini, El Chapo ditahan di pusat penahanan Metropolitan Correctional Center, yang terletak di Manhattan bawah. Hakim Cogan juga menolak permintaan El Chapo untuk berolah raga lebih banyak di atap karena dikhawatirkan kabur lagi.

Untuk lebih tau seperti apa kekejaman dan jalannya bisnis El Chapo, film biopiknya juga sudah tayang di Netflix sepanjang 2 season.

 

close

Kartel Narkoba Mexico El Chapo Divonis Penjara Seumur Hidup

Search
close