Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) akan Diterapkan Mulai 1 Maret 2019

access_time 2 tahun yang lalu

Mulai Jumat 1 Maret 2019, semua toko ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) akan menerapkan Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG). Sebelumnya gerakan diet plastik memang sudah banyak dilaksanakan contohnya seperti, no plastic straw yang sudah dijalankan beberapa retail f&b.

Mengutip dari Liputan 6, Ketua Umum Aprindo, Roy Mande menyebutkan, pihaknya sebagai asosiasi resmi yang menaungi usaha ritel di Indonesia mengambil langkah tersebut sebagai salah satu upaya mendukung visi pemerintah pada 2025 yakni bisa mengurangi 30% sampah dan menangani sampah sebesar 70 persen termasuk sampah plastik. Wich means langkah mulia ini akan menjadikan Indonesia menjadi  negara yang semakin eco-friendly.

Beberapa toko ritel di antaranya adalah Alfamart, Ramayana, SuperIndo, LotteMart, Informa, Electronic City, Matahari, AlfaMidi, Papaya, Yogya, Borma dan masih ada beberapa retail lainnya yang tergabung dalam Aprindo. Konsumen yang menggunakan kantong plastik akan dikenakan biaya sebesar IDR 200 per lembarnya.

Jadi, mari gunakan kembali tote bag untuk mengurangi sampah di Indonesia.

close

Kantong Plastik Tidak Gratis (KPTG) akan Diterapkan Mulai 1 Maret 2019

Search
close