Kabar Baik! Vaksin Corona Telah Sampai di Indonesia

access_time 1 tahun yang lalu

Masyarakat Indonesia bisa lebih tenang karena vaksin corona sudah sampai

Masa pandemi virus corona di Indonesia belum juga kunjung reda sampai saat ini. Kehadiran vaksin terhadap virus ini pun sangat dinanti-nantikan para warga untuk bisa lebih tenang.

Untuk mendapatkannya, Indonesia pun tidak tinggal diam. Upaya penemuan vaksin ini terus dilakukan dengan dua cara, kerja sama dengan negara lain dan dikerjakan sendiri oleh peneliti lokal.

Proses kerja sama ini pun dilakukan secara global, kali ini Indonesia bekerja sama dengan China dan Korea Selatan. Dengan China, kita bekerja sama dengan Sinovac dan Korea Selatan dengan Genexine.

Vaksin sudah sampai di Indonesia

via CNBC Indonesia

Nah, di sini lah kabar baik untuk Indonesia. Kabarnya, vaksin untuk virus corona dari Sinovac sudah sampai di Indonesia dan siap menjalani uji klinis tahap III.

“Iya sudah tiba Minggu (19 Juli 2020. Untuk detailnya silakan tanya Jubir Kemlu,” kata Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun dilansir dari Kumparan.

Vaksin Sinovac

via ABC Australia

Diketahui bahwa vaksin buatan Sinovac ini menjadi salah satu kandidat vaksin virus corona yang paling maju di dunia. Jika dibandinkan dengan vaksin yang lainnya, uji klinis dari Sinovac sudah sampai tahap II terlebih dahulu.

Untuk tahap III, vaksin ini perlu diuji coba keefektifannya kepada ribuan orang. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang berkesempatan mendapatkan vaksin ini selain negara-negara di Eropa.

via Giphy

Sebelum diuji coba kepada ribuan orang, vaksin Sinovac ini nantinya akan diuji coba terlebih dahulu di PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Jatinangor) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Jika vaksin ini sudah dianggap berhasil dan efektif, Sinovac diprediksikan bisa mendapatkan izin edar pada awal 2021.

_

Akhirnya, masyarakat Indonesia bisa sedikit lebih tenang atas sampainya vaksin Sinovac ini. Sampai artikel ini tayang, kasus positif corona di Indonesia telah mencapai angka 86,521.

Stay safe!

close

Kabar Baik! Vaksin Corona Telah Sampai di Indonesia

Search
close