Kabar Baik Pandemi: Obat Gratis untuk Warga Isoman Hingga Peluncuran Mobil Vaksin Keliling

Kabar Baik Pandemi: Obat Gratis untuk Warga Isoman Hingga Peluncuran Mobil Vaksin Keliling
access_time 2 bulan yang lalu

Obat gratis untuk pasien isoman, hingga inovasi baru ilmuwan

Sejumlah kabar baik seputar covid-19 bersirkulasi seminggu terakhir; mulai dari obat gratis buat pasien isoman hingga inovasi ilmiwan yang mampu mensterilkan uduara ruangan dari covid-19.

Selain itu, ada pula rekor kesembuhan baru Indonesia, peluncuran program vaksin keliling hingga peningkatan suplai oksigen.


Kesembuhan covid-19 tembus rekor, capai angka tertinggi

Tinkat kesembuhan covid-19 Indonesia berhasil memecahkan rekor.

Per 8 Juli 2021 secara nasional, angka kesembuhan harian terus meningkat hingga mencapai angka tertinggi sebanyak 21.185 orang sembuh per hari. Angka tertinggi sebelumnya dicapai pada 6 Juli 2021 sebanyak 15.863 orang sembuh per hari.

Dengan demikian, penambahan hari ini meningkatkan angka kumulatif kesembuhan sudah mendekati angka 2 juta orang sembuh, atau tepatnya 1.994.573 orang (82,5%).

Kabar Baik Pandemi: Obat Gratis untuk Warga Isoman Hingga Peluncuran Mobil Vaksin Keliling

Penemuan teknologi laser untuk “bunuh” covid-19

Sebuah perusahaan teknologi Italia bernama Eltech K-Laser dan Pusat Internasional untuk Rekayasa Genetika dan Bioteknologi (ICGEB) Trieste bekerja sama untuk meluncurkan teknologi pembasmi covid-19.

Kolaborasi ini menghasilkan perangkat yang mampu mensterilisasi udara di sebuah ruangan dan menghancurkan bakteri dan virus, termasuk covid-19.

โ€œPerangkat ini terbukti mampu membunuh virus dalam waktu kurang dari 50 milidetik,โ€ kata Serena Zacchigna, ketua kelompok Biologi Kardiovaskular di ICGEB dilansir laman New York Post, Rabu (7/7/2021).

โ€œPerangkat kami menggunakan alam melawan alam. Ini 100 persen aman untuk manusia dan hampir sepenuhnya dapat didaur ulang,โ€ kata Zanata kepada Reuters.

Eltech K-Laser telah menerima paten dari otoritas Italia dan berusaha untuk memperluasnya secara global.

Warga isoman bisa akses obat gratis

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk bisa menyediakan obat-obatan bagi penderita covid-19 yang menjalani isolasi mandiri alias isoman.

Kesebelas aplikasi telemedicine itu antara lain YesDok, GetWell, ProSehat, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, Good Doctor, SehatQ, dan Alodokter.

Untuk mendapatkan obat ini, pasien harus terlebih dahulu melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jika hasil tesnya positif, laboratorium akan melaporkannya ke database khusus agar pasien menerima pesan WhatsApp dari Kemenkes (cengan centang hijau) secara otomatis.

Setelah itu, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedicine secara gratis dengan dengan mengklik link yang terdapat dalam pesan WA dari Kemenkes RI dan memasukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih.

Jika pasien masuk kategori isoman, maka mereka akan mendapatkan serangkaian obat secara gratis.

Pemrov DKI Jakarta luncurkan program vaksinasi keliling

Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan sejumlah elemen untuk meluncurkan program vaksinasi keliling.

Saat ini ada 16 mobil disiapkan untuk melancarkan program ini. Nantinya, mobil-mobil tersebut akan menyasar ke daerah-daerah yang tingkat vaksinasinya masih rendah.

Dengan program ini, Pemprov DKI Jakarta optimis bisa mencapai target vaksinasi sebanya 8,8 juta warga di bulan Agustus sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Pemprov DKI Jakarta Siapkan Mobil Vaksin Keliling

Suplai oksigen ditingkatkan

Pasokan oksigen dipastikan akan bertambah hingga 1.700 ton per hari pada 20 Juli mendatang. Untuk memenuhi kebutuhan itu, 4.700 konsentrator oksigen akan disiapkan.

Koordinator PPKM Darurat Menko Marves telah meminta Kemenperin untuk segera merealisasikan ketersediaan oksigen dan menemukan solusi terbaik bagi permasalahan oksigen, ISO tank, dan tabung oksigen,” ujar jubir Kominfo Dedy Permadi saat konferensi pers update harian PPKM Darurat, Kamis (8/7).

Sehingga dengan demikian semua bisa berjalan dengan lancar pada hari Minggu, 11 juli 2021.”

Goo Hara Act' has officially passed - Celebrity News & Gossip - OneHallyu

close

Kabar Baik Pandemi: Obat Gratis untuk Warga Isoman Hingga Peluncuran Mobil Vaksin Keliling

Search
close