๐Ÿ‘ฉโ€๐ŸŽ“8 Jurusan Kuliah Populer dengan Peluang Kerja Luas

By
access_time 2 bulan yang lalu

Mempertimbangkan jurusan kuliah memang umumnya dilakukan sejak jauh-jauh hari. Karena kuliah butuh biaya dan determinasi tinggi.

Beda dengan waktu sekolah, kuliah lebih dekat dengan bayangan masa depan. Seperti berusaha lebih mandiri dan mempertimbangkan peluang pekerjaannya. Memang, banyak sekali sarjana yang bekerja tak sesuai dengan jurusan kuliahnya di perguruan tinggi. Tapi, bukan berarti keputusan memilih ingin kuliah di bidang apa bisa dilakukan asal saja. Ingat, uang semesterannya nggak murah lho.

Intinya, kuliah adalah kesempatan istimewa mendapatkan ilmu yang tak semua anak muda bisa dapatkan. Kalau kamu beruntung, maka manfaatkan dan jalani sungguh-sungguh. Berikut ini adalah beberapa jurusan dengan peluang masa depan yang cukup luas dalam dunia kerja. Barangkali bisa menjadi pilihanmu.

Jurusan kuliah Ilmu Komunikasi

Sumber: Glints

Seperti namanya, jurusan ini akan mengajari kita mengenai aspek-aspek komunikasi baik secara teknis, hingga praktik pelaksanaannya. Cakupan ilmu komunikasi ini cukup luas, bahkan ada desainnya dan animasinya. Lulus dari sini, biasanya sudah berbekal kecakapan komunikasi publik maupun personal. Ruang lingkup pekerjaannya meliputi komunikasi publik dan hubungan masyarakat, jurnalis hingga tim kreatif.

Ekonomi/Akuntansi

Sumber: China Brief

Kedua jurusan kunci ini sangat dekat dengan keuangan, perbankan, pemasaran dan bisnis. Seperti kita ketahui, kalau perdagangan saat ini sudah bagai hela nafas kehidupan. Jadi, kalau kita bisa menjadi salah satu insan ekonomi dan akuntansi, barangkali kita ikut menyumbang nafas bagi ekonomi masyarakat. Mereka yang lulus dari jurusan ini tidak melulu ke bank. Malah bisa menjadi konsultan finansial, perencana keuangan, analis ekonomi, guru ekonomi dan akuntansi, manajer keuangan hingga pembangun kebijakan dalam hal ekonomi dan keuangan.

Jurusan kuliah Psikologi

Sumber: Be Plus

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari sikap dan tingkah laku manusia. Bukan hanya menangani yang stress dan butuh curhat, namun juga bersangkutan dengan aspek hidup manusia dari masih balita, remaja, dewasa hingga manula. Karena, psikologi memiliki cukup banyak bidang, di antaranya psikologi klinis, psikologi pendidikan dan psikologi industri. Umumnya, lulusan psikologi dibutuhkan menjadi HRD, psikolog sekolah, psikologi untuk kesehatan mental, pengembangan diri di perusahaan, motivator bisnis dan masih banyak lagi.

Jurusan kuliah Statistika

Sumber: ITS

Bila kamu sangat suka dengan data, maka jurusan ini sangat cocok denganmu. Berhubungan dengan pengolahan angka dan data-data sebagai salah satu dasar pengambilan kesimpulan dan keputusan, yang banyak dibutuhkan di masa sekarang hingga beberapa tahun mendatang. Berbekal ilmu di bidang ini, kita bisa menjadi tim analis, peneliti survey sampai ahli statistik di berbagai lembaga dan perusahaan.

Teknik Informatika

Sumber: Information Age

Merupakan salah satu jurusan yang lulusannya banyak terpakai di era digital seperti sekarang. Mempelajari tentang ilmu komputer, perangkat lunak, dan pengaplikasiannya dalam berbagai kebutuhan. Baik itu bisnis, pendidikan, teknologi untuk gaya hidup dan lain sebagainya. Proyeksi pekerjaan ke depannya seperti menjadi tim IT, web developer, pembuat aplikasi, analis riset operasional.

Jurusan kuliah DKV

Sumber: Free Range Studios

Banyak yang berpikir kalau ini jurusannya anak yang doyan gambar saja. Padahal seperti namanya sebagai desain komunikasi visual, gambar yang dihasilkan mengandung pesan yang bakal bermanfaat banget di bidang periklanan, pesan layanan masyarakat, campaign dan lain sebagainya. Justru merupakan salah satu jurusan yang lulusannya bisa berdiri di atas kaki sendiri. Misalnya menjadi tim desain kreatif sebuah brand, animator, seniman multimedia dan lainnya.

Teknik Industri

Sumber: Industrial Week

Di negara berkembang kita ini, ada sangat banyak pelaku usaha skala besar yang menantikan terobosan proses industri dari tahun ke tahun. Ya, karena banyak pabrik besar di negara lain juga sama-sama bersaingnya dalam hal teknologi. Ilmu ini mengembangkan kemampuan menciptakan atau mengenali rancangan, peningkatan, dan sistem dalam industri serta bagaimana sinkronisasinya dengan skill SDM, energi hingga perangkat yang digunakan.

Ilmu Gizi

Sumber: Balanced Living Theralogix

Merupakan salah satu cabang keilmuan yang bukan hanya mempelajari nutrisi dalam makanan manusia, tapi juga kualitas hidup, pertumbuhhan dan produktivitas, bahkan membuat maping atau perencanaan tentang bagaimana memperbaiki kualitas gizi. Karenanya, bidang ini bisa melahirkan ahli gizi, pakar diet dan praktisi keluarga maupun umum yang menyelamatkan manusia dari diet-diet salah kaprah atau tren makanan yang kurang bermanfaat bagi jangka panjang kesehatan mereka.

Deretan jurusan di atas bukanlah yang termudah untuk dilakukan. Tidak juga paling mudah mendapatkan pekerjaan. Namun, merupakan yang paling sering dibutuhkan dan menjadi prasyarat untuk melamar di sebuah lowongan.

Masih ada teman-teman si jurusan ini yang juga bisa kita eksplorasi. Seperti Teknik Elektro, Teknologi Pangan, Cyber Security, Farmasi, Perpajakan dan banyak lagi. Semua juga memiliki peluang kerja yang variatif, yakini saja apa yang menjadi impian dan passionmu. Jangan lupa berusaha giat untuk meraihnya.

close

๐Ÿ‘ฉโ€๐ŸŽ“8 Jurusan Kuliah Populer dengan Peluang Kerja Luas

Search
close