close

Jangan Lupa! Hari Ini Earth Hour Pukul 20.30

By Billy Dewanda
access_time 2 bulan yang lalu Comments

Tepat hari ini, Sabtu, 28 Maret 2020 kita akan memperingati Earth Hour 2020. Pelaksanaan Earth Hour ini akan dilakukan pada pukul 20.30-21.30 dan sebanyak 33 kota di Indonesia akan berpartisipasi mengikuti aksi ini melalui Instagram Live di akun @ehindonesia.

Buat lo yang belum tahu, kegiatan Earth Hour ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam. Pertama kali, kegiatan ini digelar oleh yayasan WWF Indonesia pada tahun 2009.

Melalui partisipasi masyarakat di kegiatan Earth Hour ini, serta peran serta individu melalui platform Voice for the Planet, berarti kita sudah membantu mendukung perbaikan kesehatan dan pelestarian bumi serta mewujudkan kesejahteraan untuk seluruh mahluk hidup,” kata Acting CEO WWF Indonesia, Lukas Adhyakso dilansir dari Tempo.

Adapun dilaksanakannya Earth Hour dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran perlunya tindakan khusus dalam menghadapi perubahan iklim di bumi. Selain itu, juga kita bisa belajar untuk menghemat energi serta energi baru terbarukan. Tentunya hal ini untuk mengurangi sikap konsumtif dalam kehidupan kita.

Seiring berjalannya switch-off lampu di rumah, kegiatan ini juga memfasilitasi masyarakat untuk menyuarakan harapan dan komitmennya melalui suara online di “Voice for the Planet“. Nantinya, setiap orang bisa memberikan argumen dengan memilih satu atau lebih isu lingkungan yang paling mendesak saat ini. Nantinya, argumen yang terkumpul akan menjadi bahan pembelajaran pemimpin negara dan pembuat keputusan dalam merespon berbagai isu lingkungan.

JHL Solitaire Connect to Earth
Source: Tempo

Namun, walaupun tahun ini Indonesia dan negara lain sedang berjuang melawan krisis kesehatan akibat virus Corona, namun Indonesia bersama dengan 180 negara lain di seluruh penjuru dunia akan tetap melaksanakan peringatan Earth Hour secara virtual bertajuk “Earth Hour di Rumah“.

Pelaksanaan Earth Hour tahun ini, WWF Indonesia dan Komunitas Earth Hour di 33 kota punya fokus pada empat isu utama, yaitu mengurangi sampah plastik di laut, kampanye hemat energi serta energi baru terbarukan, pola konsumsi berkelanjutan, serta melawan perdagangan satwa liar dilindungi. Besar harapan WWF dalam pelaksanaan Earth Hour ini bisa sebagai salah satu langkah terbaik untuk memerangi itu semua.

_

Yuk, kita dukung gerakan Earth Hour ini dengan ikut memadamkan lampu kita malam ini pada pukul 20.30-21.30. Hanya satu jam saja, lo sudah bisa membantu dalam memulihkan bumi ini.

close

Jangan Lupa! Hari Ini Earth Hour Pukul 20.30