Jakarta Resmi Menjadi Tuan Rumah Ajang Balapan Formula E Pada Tahun 2020

access_time 2 tahun yang lalu

Kota Jakarta sudah resmi akan menjadi tuan rumah ajang balapan Formula E tahun 2020 nanti.  Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Chief Champion Officer Formula E, Alberto Longo saat konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat.

Kejuaraan balap dengna kendaraan elektrik single seater ini resmi diadakan di jantung Ibu Kota Indonesia, tepatnya di area Monumen Nasional (Monas) pada Juni 2020. Dilansir dari Beritasatu, Anies memaparkan bahwa perjalanan Jakarta menjadi tuan rumah Formula E season ke 6 ini sekaligus resmi mengumumkan lokasi dan waktu penyelanggaraan.

“Bulan Juli lalu di New York saya bersama Alberto membicarakan fase lanjutan tentang rencana menjadikan Jakarta tuan rumah Formula E 2020. Dan alhamdulillah pembicaraan itu semuanya tuntas di bulan Agustus dan pada sore hari ini kita mendapatkan kehormatan,” kata Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, penyelengaraan Formula E akan memberikan dampak pad perekonomian di DKI Jakarta terutama untuk sekotr Tourism.

“Kita berharap lewat persiapan delapan bulan ke depan akan bisa menyelenggarakan dengan sebaik-baiknya, harapannya nanti kegiatan ini dapat menggerakkan perekonomian di Jakarta, terlebih ini kegiatan sport turism karena pariwisata berbasis sport akan memberikan manfaat ekonomi pada masyarakat di Jakarta lintas sektor,” terang Anies Baswedan.

Apa itu Formula E?

Hasil gambar untuk formula e
Source: Megapolitan.Kompas

Formula E sendiri merupakan kependekan dari Formula Electric alias balapan mobil bertenaga listrik,  Ajang yang dinisisasi oleh FIA ini disebut-sebut sebagai balapan mobil masa depan karena sangat ramah dengan lingkungan dan mampu menyaingi F1. Dimulai nya musim perdana pada tahun 12 September 2014 dan kemudian telah memasuki musim ke 6 yang rencananya akan diadakan di Jakarta, Indonesia.

Jalan Akan Ditutup Selama Seminggu

Gambar terkait
Source: Situasinews

Anies mengatakan bahwa ajang mobil balap Formula E ini akan melakukan rekayasa lalu lintas saat gelaran Formula E sektiar 1 minggu.

“Intinya (sirkuit) akan dibuat di sini (kawasan Monas), penutupan jalan diperkirakan satu minggu,” kata Anies dalam jumpa pers di Monas.

Anies juga mengatakan bahwa penutupan jalan tersebut akan lebih singkat jika dibandingkan penutupan jalan saat sidang MK dan pengumuman Bawaslu beberapa waktu lalu.

Anies mengungkapkan Formula E akan diselanggarakan di Jakarta, tanggal 6 Juni 2020 akan menggunakan trek di Silang Monas.

 

Image Source: [FoxSports]

close

Jakarta Resmi Menjadi Tuan Rumah Ajang Balapan Formula E Pada Tahun 2020

Search
close