Jakarta Masuk Daftar Tuan Rumah Formula E 2022

access_time 2 minggu yang lalu

Menanti Jakarta menjadi tuan rumah Formula E 2022.

Federasi Internasional Automobil (FIA) baru saja merilis daftar sementara tuan rumah gelara Formula E 2022. Kota Jakarta jadi salah satu nama yang berada dalam daftar tersebut bersama dengan 12 negara lainnya.

FIA sudah mulai merencanakan ajang balapan mobil formula bertenaga listrik ini yang akan berlangsung selama 16 seri. Jika benar di Jakarta, kira-kira di mana sirkuit balap yang akan digunakan?

Indonesia Masuk Daftar di Seri Kesembilan Formula E 2022

Jakarta Tuan Rumah Formula E 2022
Motorsport

Dalam daftar sementara yang dirilis FIA, Kota Jakarta masuk sebagai penyelenggara Formula E seri kesembilan. Diperkirakan ajang balapan tersebut akan berlangsung di Indonesia pada 4 Juni 2022.

Meski begitu, belum dapat dipastikan apakah ibu kota Jakarta akan benar-benar menjadi tuan rumah dari arena balap mobil formula bertenaga listrik ini. Keputusan ini masih akan dibawa ke dalam rapat penyelenggara yang akan dilaksanakan di Paris pada 15 Oktober 2021 nanti.

Read more:

Kami tidak dapat mengumumkan mengapa kami menempatkan tanda akan ditentukan kemudian di sana. Tetapi pada dasarnya, kami memiliki kontrak dengan Indonesia, dengan Jakarta,” kata Direktur Formula E, Alberto Longo dikutip dari Sky Sports.

Sebenarnya pihak Formula E sudah ingin menetapkan Jakarta sebagai tuan rumah seri kesembilan. Namun keputusan ini masih harus ditunda terlebih dahulu karena gubernur yang masih meminta waktu untuk menentukannya.

Rencana kami ke sana. Tetapi gubernur sendiri masih meminta waktu untuk mengumumkan balapan. Itulah mengapa kami belum memastikan,” lanjut Longo.

Anies Baswedan Sempat Batalkan Formula E di Jakarta

Jakarta Tuan Rumah Formula E 2022
Audi Newsroom

Sebelumnya, kabar ini telah beredar tahun 2020 lalu, di mana Jakarta akan menjadi salah satu lokasi diselenggarakannya ajang balapan internasional tersebut. Namun, ia telah memastikan bahwa Formula E tidak akan berlangsung di Jakarta karena pandemi Covid-19.

Tak hanya di ibu kota, Anies juga meminta kepada pihak penyelenggara untuk menunda sejenak gelaran Formula E karena pandemi Covid-19 yang belum juga kunjung mereda.

Pemprov DKI Jakarta sendiri sempat menganggarkan commitment fee sebesar Rp 560 miliar untuk menyelenggarakan Formula E.

Seandainya Terjadi, di Mana Lokasi yang Layak?

Sifat sementara pada daftar yang dirilis FIA tentu membuat kita berandai-andai di mana lokasi penyelenggaraan yang layak untuk Formula E ini.

Jika benar terjadi, menurut gue kawasan yang bisa menjadi arena balap adalah SCBD, Sudirman, atau Pantai Indah Kapuk. Pasalnya di kawasan tersebut sepertinya memiliki aspal yang baik dan memungkinkan untuk berlangsungnya ajang balapan.

_

Kalau menurut kalian, kawasan mana yang cocok untuk jadi arena balap Formula E?

close

Jakarta Masuk Daftar Tuan Rumah Formula E 2022

Search
close