Jadi Lebih Baik Beli Mobil atau Rumah Dulu?

access_time 2 tahun yang lalu

Sudah mendapat gaji yang cukup dan berani untuk menyicil rumah atau mobil. Tapi ada sebuah dilema kelika sudah sampai ditahap itu. Beli rumah dulu atau mobil? Pertanyaan yang nggak semua orang bisa jawab nih, kami akan memberikan hal-hal yang patut dipertimbangkan untuk membantu menentukan keputusan.

Ketahui Kebutuhan Primer

Langkah pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah melihat menentukan kebutuhan dalam hidup yang seringkali kita dengar istilahnya yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Tujuannya utamanya sih untuk mengetahui kebutuhan yang sangat penting untuk diutamakan dibandingkan kebutuhan lainnya.

Perlu diketahui, rumah adalah salah satu kebutuhan primer manusia. Jadi, jika bingung memilih antara investasi rumah dan beli mobil, sepertinya akan mudah jawabannya.

Apalagi sudah tahukan mobil itu masuk ke dalam kelas kebutuhan yang mana?

Berpikir Jangka Panjang untuk Masa Depan

Kalau masih belum yakin untuk mengambil keputusan, sebaiknya coba pertimbangkan dari sisi kegunaannya antara rumah dengan mobil. Memang rada beda sih, nilai manfaatnya lebih banyak ketika kita mempunyai rumah.

Rumah adalah tempat tinggal, tempat beristirahat, rumah menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Sedangkan mobil hanyalah alat yang membantu mobilitas kita dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hitung cash flow dan gaji tiap bulan jika kamu kredit mobil atau kpr

Setelah memutuskan apa yang akan dibeli, sekarang saatnya menghitung cash flow yang akan dikeluarkan setiap bulannya. Apakah gaji yang yang didapat bisa menutupi kebutuhan bulanan sekaligus cicilan mobil atau rumah yang diambil? Jika belum,  mencari tambahan penghasilan adalah hal yang harus dilakukan agar cicilan dan kebutuhan bulanan bisa terpenuhi tertutupi.

Semoga pertimbangan di atas bisa mejawab semua keresahan.

 

 

close

Jadi Lebih Baik Beli Mobil atau Rumah Dulu?

Search
close