Jack Ma Menghilang dari Acara TV-nya, Ada yang Terjadi?

access_time 9 bulan yang lalu

Miliarder asal China, Jack Ma dikabarkan sudah tiga bulan menghilang dari acara reality show buatannya. Kabarnya ia menghilang setelah mengucapkan sebuah kritik terhadap sistem keuangan China.

Alhasil, kritik Jack Ma itu berhasil mengundang kecaman-kecaman dari penguasa China. Seperti apa kejadiannya?

Jack Ma Menghilang?

Jack Ma
via The New York Times

Pada Oktober 2020 silam, Jack Ma tampak hadir sebagai pembicara dalam sebuah konferensi teknologi finansial. Dalam konferensi tersebut, ia mengkritik mental pegadaian bank di China dan menuduh mereka sebagai pihak yang memperlambat inovasi.

Sejak saat itu, dirinya tidak tampak lagi dalam acara reality show bikinannya. Bahkan nama Jack Ma langsung merosot ke urutan ketiga orang terkaya di China.

Tidak hanya itu, profil sang miliarder itu juga hilang dari situs resmi penjurian Africa’s Business Heroes, salah satu program TV yang membahas tentang pengusaha muda. Bahkan jika melihat akun Twitter-nya, ia masih sempat mengunggah tweet yang mengatakan kalau ia tidak sabar bertemu para kontestan.

Namun, sayangnya kata-kata tersebut jadi tweet terakhirnya, karena setelah itu tidak ada aktivitas lagi pada Twitter-nya. Padahal ia adalah orang yang cukup aktif menggunakan media sosial tersebut.

Sejak Lama Tidak Akur dengan Pemerintah China

Jack Ma
via Reuters

Sampai sekarang, semua orang belum mengetahui dimana keberadaan Jack Ma sekarang. Ada yang mengatakan kalau ia menghilangkan diri, ada pula yang mengatakan kalau ia sengaja dihilangkan.

Tapi kalau ditarik mundur sedikit ke belakang, ia memang sudah punya hubungan yang kurang baik dengan pemerintah China. Hal ini terjadi karena Ma mendorong ekonomi yang lebih terbuka di China.

Sejarah Kelam China dengan Kritikus

Jack Ma
via The New York Times

Rupanya, China sendiri memiliki sejarah yang cukup kelam terhadap sejumlah kritikus. Sebelumnya ada nama Ren Zhiqiang yang juga menghilang dari peredaran.

Hal ini dikarenakan Ren menyebut Presiden Xi Jinping adalah “badut” saat menangani krisis Covid-19. Dirinya menghilang, bahkan rekan-rekannya tidak bisa menghubunginya.

_

Jadi, kemana Jack Ma berada?

close

Jack Ma Menghilang dari Acara TV-nya, Ada yang Terjadi?

Search
close