Iwan Fals Rilis 16/01, Cerita Banyak Hal Selama 8 Menit

Iwan Fals
access_time 2 bulan yang lalu

Kolaborasi dengan Sandrayati Fay, Iwan Fals rilis single 16/01

16/01 dari musisi legend, Iwan Fals yang berkolaborasi dengan Sandrayati Fay. Lagu yang berdurasi hampir 8 menit ini menceritakan banyal hal. Namun menurutnya, semua itu tercipta dari sebuah cinta.

Bagi Iwan Fals, setiap manusia bisa mencurahkan emosi dan perasaannya melalui media apapun. Tanpa memerlukan gelar atau julukan untuk mengeluarkan sebuah karya. Kita bisa mengekspresikan kegelisahan tersebut lewat susunan kata yang berirama.

Apalagi pandemi yang gak kunjung usai, perang dalam sebuah hubungan pun kerap terjadi. Adanya kecurigaan, bahkan ketidak adilan yang begitu jelas depan mata. Tapi semua itu bisa kita sikapi dengan doa, rasa syukur dan hati yang gembira.

Produksi lagu selama 7 bulan

Bukan waktu yang sebentar untuk memproduksi lagu ini, Iwan Fals mengungkapkan kalau lagu ini ia buat mulai dari 16 November 2020 sampai 1 Juni 2021, sekitar 7 bulan.

Judul lagu ini ia ambil dari tanggal dibuatnya lagu dan tanggal selesainya lagu, jadilah 16/01. Meski beberapa kali sempat mengalami pergantian judul. Seperti yang awalnya 1618 dari 16 November sampai 18 November.

Kemudian berubah menjadi 1610 sampai beberapa kali mengulang, hingga akhirnya menjadi 1601.

Selain itu, ia juga bercerita soal  kolaborasinya dengan Sandrayanti Fay. Mereka sendiri udah saling mengenal sejak 2016.

“Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif. Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan disana dan tetap menjaga tali silaturahmi.” ucap Iwan Fals.

Pesan dari 1601

Seperti yang lo ketahui, Iwan Fals memang terkenal memberikan pesan lewat karya musiknya. Dalam single kali ini, menurutnya kita perlu mengisi waktu dengan produktif.

“Dalam waktu itu ada persoalan adu domba, bukan domba yang di adu, tapi pikirannya sendiri.”

close

Iwan Fals Rilis 16/01, Cerita Banyak Hal Selama 8 Menit

Search
close